PADANG -- Alhamdulillah. Kabar gembira kembali didapat masyarakat Sumatera Barat yang tengah berjuang menghadang penyebaran virus corona (Covid-19). Sebanyak empat orang warga yang sebelumnya dinyatakan positif terjangkit Covid-19, dinyatakan sembuh. 

Meski begitu, data di hari Rabu (8/4/2020) pukul 14.00 WIB, terdapat penambahan lima pasien yang dinyatakan positif. Sehingga, total positif Covid-19 di Sumbar menjadi 26 orang. Sementara, total orang dalam pemantauan sebanyak 4.066 dan pasien dalam pemeriksaan (PDP) sebanyak 95 orang. Sedangkan, pasien meninggal sebanyak satu orang.

Kepala Biro Pemprov Sumbar, Jasman Rizal, dalam keterangan tertulis yang ia bagikan di group whats'app Warga Berita Online (WAG Divisi Siber Forum Eksekutif Media/FEM), Rabu (8/4/2020) sore, merinci, empat pasien positif yang telah sembuh tersebut, terdiri satu pasien di Rumah Sakit Acmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi dan tiga pasien RS M Djamil Padang.

"Satu pasien yang sembuh di RSAM Bukittinggi berasal dari Tanah Datar, berjenis kelamin perempuan. Satu pasien lagi sebelumnya dirawat di RS M Djamil Padang, berjenis kelamin perempuan, asal Pesisir Selatan. Sementara dua pasien lagi, berjenis kelamin laki-laki dan satu lagi perempuan, tidak dirawat di M Djamil. Tapi, menjalani isolasi mandiri. Keduanya asal Kota Padang," ungkap Jasman.

Sementara penambahan lima pasien positif Covid-19 terdiri dari tiga pasien asal Kota Padang dan akan menjalani isolasi mandiri di rumah. Dua orang berjenis kelamin perempuan dan satu laki-laki. Sedangkan, dua pasien lagi, saat ini dirawat di RSUD M Zein, Painan, Pesisir Selatan.

"Dari lima orang itu, tiga orang dinyatakan positif dengan status OTG atau orang tanpa gejala," ujarnya.

Sementara itu, orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Sumbar berjumlah 4.066 orang, dengan rincian dalam proses pemantauan sebanyak 1.570 orang dan selesai pemantauan sebanyak 2.496 orang.

Pasien dalam pengawasan (PDP), sebanyak 95 orang, terdiri dari yang masih dirawat, atau menunggu hasil laboratorium sebanyak 15 orang. Sebanyak 72 orang sudah dinyatakan negatif, dan menjalani isolasi di rumah sebanyak 8 orang.

Jasman Rizal juga menjelaskan, sebanyak 13 pasien positif Covid-19, saat ini sedang dirawat di empat rumah sakit di Sumbar. Yakni sebanyak lima orang di RS M Djamil Padang, lima orang di RSAM Bukittinggi, dua orang di RSUD M Zein Painan, dan satu orang di Semen Padang Hospital (SPH).

"Pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, sebanyak 8 orang. Yakni pasien RSAM Bukittinggi sebanyak dua orang, pasien RSUD Pariaman sebanyak 1 orang, serta pasien mandiri atau bukan pasien salah satu rumah sakit, sebanyak 5 orang. Sementara, satu lagi meninggal. Total positif seluruhnya 22 orang," ujarnya.

(oel)
 
Top