JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mewisuda 287 lulusan Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) yang terdiri dari 16 orang Magister Terapan Perikanan dan 271 orang Sarjana Terapan Perikanan, Rabu (10/8), di Kampus Politeknik AUP , Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dari jumlah tersebut, telah diterima dan terserap di dunia kerja sebanyak 103 orang dan sebanyak 169 orang telah melaksanakan seleksi rekrutmen di beberapa perusahaan dan juga kembali ke Pemerintah Daerah mitra Politeknik AUP.

Menteri Trenggono mengatakan, kunci utama keberhasilan implementasi kebijakan ekonomi biru adalah SDM yang unggul. Untuk itu agar Pendidikan Tinggi KP mengembangkan fleksibilitas dan inovasi pendidikan. 

Selain pendidikan vokasi, pendidikan juga bersifat keilmuan untuk memahami pentingnya menjaga ekologi laut dan buat laut lebih sehat. Pendidikan Tinggi di lingkup KKP harus dapat tingkatkan kualitas SDM, berintegritas, produktif, kreatif inovatif berbasis IPTEK.

Menurutnya, transformasi pendidikan KP melalui rancangan pembentukan Ocean Institute of Indonesia harus dapat merumuskan rencana aksi yang implementatif dan konkrit. 

Peningkatan dan pengembangan SDM harus dapat terimplementasi dalam program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan menjawab tantangan pembangunan kelautan dan perikanan. 

Selain penyerahan ijazah dan sertifikat pendamping, pada wisuda tersebut Menteri KP menyerahkan secara langsung lulusan kepada: Pemda mitra Politeknik AUP; Korps Alumni AUP-STP untuk disalurkan kepada berbagai Usaha dan Industri Perikanan yang dimiliki oleh Alumni; dan Dunia Usaha dan Dunia Industri Perikanan Mitra Politeknik AUP.

Pada kesempatan wisuda tersebut juga diselenggarakan Orasi Ilmiah oleh Dosen Politeknik AUP Nyoman Soeyasa bertema Peran SDM dalam Implementasi Strategi Ekonomi Biru untuk Membangun Perikanan Berkelanjutan. 

Diselenggarakan pula pameran produk kewirausahaan hasil inovasi para taruna dan dosen Politeknik AUP, penganugerahan "Koral Award" untuk inovasi wisudawan oleh Pengurus Koral AUP-STP, atraksi drum band, beladiri Yusikaindo, rampage gendang, tarian dan sebagainya.

#rel/nov




 
Top