RIYADH -- Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad memimpin delegasi para Duta Besar/Kepala Perwakilan negara-negara MIKTA bertemu dengan Sekretaris Jenderal Gulf Cooperation Council (GCC), H.E. Mr. Jasem Mohamed Al Budaiwi, di gedung Sekretariat GCC, Riyadh, Rabu (30/8/2023). 

Dubes RI didampingi oleh Assistant Secretary General of the GCC for Political Affairs and Negotiation, Dr. Abdulaziz Aluwaisheq.

Hadir dalam kesempatan tersebut delegasi Duta Besar Meksiko, Y.M. Mr. Anibal Gomez-Toledo, Duta Besar Republik Korea, Y.M. Mr. Park Joon-yong, Duta Besar Australia, Y.M. Mr. Mark Donovan; dan Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Turki, Mr. Muratcan Akel. 

Pada pertemuan tersebut, Duta Besar RI memberikan penjelasan mengenai MIKTA sebagai suatu forum konsultasi informal dan kemitraan inovatif -- terdiri dari Meksiko, Indonesia, Republik Korea, Turki, dan Australia -- berdiri pada sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York tahun 2013. 

Dubes Aziz juga memaparkan tentang prioritas Keketuaan RI dalam MIKTA tahun 2023, yaitu penguatan multilateralisme, pemulihan yang inklusif, dan transformasi digital.

Selain itu, dibahas juga berbagai isu-isu ekonomi internasional, seperti ketahanan pangan, pentingnya pasar energi yang kompetitif dan efisien, perlunya akses terjangkau untuk transisi energi bersih, serta peran kebijakan ekonomi terbuka dalam menciptakan ekonomi lintas wilayah yang kuat. 

Peluang kerja sama antara MIKTA dan GCC juga menjadi salah satu topik utama pembicaraan.

Sekjen GCC, H.E. Mr. Jasem Mohamed Al Budaiwi, menyampaikan apresiasi kepada para Duta Besar MIKTA yang telah berinisiatif menjalin hubungan dengan Sekretariat GCC. 

Rincian proposal kerja sama antara kedua pihak kemungkinan akan dibahas dalam waktu dekat, menandakan komitmen kuat untuk memperkuat kerja sama antara GCC dan MIKTA dalam berbagai bidang.

Dalam pernyataannya, Duta Besar RI Riyadh, Dr. Abdul Aziz Ahmad, mengatakan, "pertemuan ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam memperkuat hubungan antara MIKTA dan GCC. Kami berharap kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua pihak dan juga mendukung tujuan-tujuan kami dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan ini serta di tingkat global".

#rel/ede







 
Top