PARIAMAN, SUMBAR -- Temu reuni Keluarga Besar Alumni HALUAN Damar 59 di kawasan Pantai Tugu ASEAN Kota Pariaman, Sabtu (26/8/2023), berlangsung hangat dan penuh sukacita. 

Momen tersebut benar-benar dimanfaatkan sebagai ajang temu kangen, saling bernostalgia diselingi bersenda gurau oleh segenap yang hadir. Mereka tak lain adalah para wartawan senior yang pernah menjadi pengasuh Surat Kabar Harian (SKH) Haluan berikut para mantan karyawan di Divisi Usaha surat kabar harian legendaris besutan mendiang H. Kasoema tersebut.

Wajar ada rindu tebal melingkupi momen ini, mengingat satu sama lain rata-rata lama tak bersua. Domisili pun banyak banyak yang telah menyebar ke beberapa wilayah Indonesia, bahkan hingga luar negeri. 

Sebagaimana diungkapkan Muftie Sjarfie selaku ketua pelaksana, pertemuan di "Kota Tabuik" tersebut merupakan wujud kekompakan dan keinginan segenap Keluarga Besar Alumni HALUAN Damar 59 untuk terus membuhul tali silaturahmi. Apalagi di Kota Pariaman juga terdapat beberapa orang wartawan senior dari Haluan.

"Disamping memperkuat silaturahmi, temu reuni “pensiunan” karyawan Haluan ini juga membuktikan bahwa Haluan sebagai salahsatu surat kabar tertua di Indonesia masih eksis sampai sekarang," ujar mantan Ketua PWI Sumbar tersebut.

Dihadiri Wako Pariaman dan Istri

Satu keistimewaan temu reuni tersebut, bersama para wartawan senior yang pernah menjadi pengasuh Surat Kabar Harian Haluan  berikut segenap mantan karyawan di Divisi Usaha, turut hadir Wali Kota (Wako) Pariaman Genius Umar beserta istri, Ny. Lucyanel Genius.

Genius Umar menyampaikan salam penghormatan kepada senior-senior Haluan sebagai kuli tinta yang telah banyak berbuat dan menulis di koran legendaris Sumatera Barat tersebut.

Melalui tulisan, para senior tersebut eksis berkontribusi terhadap pengembangan dan pembangunan Provinsi Sumatera Barat dan khususnya Kota Pariaman.

“Tak hanya bagi daerah, termasuk di kalangan media sendiri, Haluan juga sebagai ujung tombak lahirnya wartawan-wartawan hebat di Ranah Minang. Terima kasih Haluan,” ungkap Genius Umar.

Reuni Haluan Damar 59 tersebut dihadiri para wartawan hebat era 1948 sampai sekarang. Mulai dari mantan reporter di Padang dan kontributor daerah, redaktur, Redpel hingga Pemimpin Redaksi. Diantaranya yakni mantan Pemred, Syahrial Syam, mantan ketua PWI Sumbar Muftie Sarfie, Jufri Syahruddin, Eko Yance Edrie, Ismet Fanany, Saharman Zanhar, Novi Sastra dan juga mantan karyawan Haluan di divisi usaha lainnya.

“Alhamdulillah. Terima kasih semua kawan-kawan baik yang aktif sebagai panitia, maupun yang jauh di perantauan. Kegiatan ini sangat positif sekali mempererat hubungan silaturahim kita, karena sudah berpuluh tahun kita tak bersua sejak Haluan di Jalan Damar 59 Padang. Insya Allah temu reuni ini kita agenda terus sampai generasi berikutnya,” ujar wartawan senior yang juga pernah beberapa periode menjadi komisioner hingga ketua di KPU Sumbar tersebut.


Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota Pariaman dan jajaran serta mantan wartawan Haluan di Pariaman sebagai tuan rumah atas terlaksananya reuni tersebut dengan sukses.

“Kita tunggu undangan daerah lain untuk reuni berikutnya,” ujar Muftie Sarfie disambut tepuk tangan peserta yang hadir di Pantai Tugu ASEAN Pariaman tersebut.

Ziarah ke Pusara Pendiri SKH Haluan

Sebelum berekreasi bersama dengan menumpang beberapa unit bus ke Kota Pariaman, pada Kamis (24/8/2023) lalu para alumni Haluan Damar 59 melaksanakan ziarah ke pusara pendiri sekaligus Pemimpin Umum (PU) pertama SKH Haluan, H. Kasoema di TPU Tunggul Hitam Padang yang posisinya berdampingan dengan mendiang istri beliau, Ibu Hj.Kasoema.

#vid/ede





 
Top