JAKARTA -- Putri dari Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais, Hanum Salsabila Rais, resmi tak lagi menjadi anggota DPRD DIY dari F-PAN. Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN DIY mengatakan pengunduran diri Hanum dilakukan sejak April 2023.

"Jadi mbak Hanum itu mengajukan pengunduran diri baik sebagai anggota DPRD maupun partai, kalau tidak salah April beliau mundur," ujar Ketua DPW PAN DIY, Arief Noor saat dihubungi awak media setempat, Kamis (31/8/2023).

"Kemudian kami menindaklanjuti dengan mengajukan PAW sisa masa jabatan 2019-2024," lanjutnya.

Sebagai informasi, Hanum Rais resmi mundur sebagai anggota DPRD F-PAN DIY sejak 12 April 2023. Hal itu terungkap lewat surat yang ditujukan ke DPRD DIY untuk menggelar Pergantian Antar Waktu (PAW).

Sebelumnya, Ketua DPRD DIY Nuryadi usai menggelar Rapat Paripurna penetapan PAW Hanum mengatakan jika Hanum sudah tak lagi 'ngantor' usai mengajukan pengunduran diri.

"Kalau secara hukum maka sebelum keluarnya SK pemberhentian itu yang bersangkutan masih tercatat sebagai anggota DPRD DIY fraksi PAN," jelas Arief.

"Tapi secara etik dan moral maka sejak menandatangani pengunduran diri itu seharusnya sudah melepaskan segala hak dan kewajiban maupun tanggung jawab sebagai anggota DPRD," tambahnya.

Tak hanya Hanum, putra Amien Rais lainnya Ahmad Baihaqy Rais juga masuk dalam daftar PAW DPRD DIY. Baihaqy juga mengajukan pengunduran diri dari Partai PAN.

"Mas Baihaqy juga sama, mengundurkan diri juga. Saya agak lupa Mas Baihaqy itu bulan Juni atau bulan apa, tapi beberapa saat setelah pengunduran diri mbak Hanum, jadi tidak bersamaan," ucap Arief.

Hanum Pindah ke Partai Ummat

Sebelumnya, pengunduran diri Hanum Rais disampaikan ayahnya Amien Rais. Hanum mundur dari F-PAN untuk mengikuti jejak ayahnya ke Partai Ummat.

"Iya insyaallah, ini bagian dari birrul walidain saya kepada Pak Amien Rais ayah saya, yang saya tahu perjuangannya seperti apa, dan ya seluruh keluarga juga mendukung. Jadi bismillah," kata Hanum Rais di Kompleks Yayasan Budi Mulia Dua, Sleman, Sabtu (29/4/2023) lalu.

#dtc/bin




 
Top