SURABAYA -- Penyanyi yang tenar pada era 1970- 1980an, Emilia Contessa memilih mengundurkan diri sebagai bakal calon DPD RI daerah pemilihan Jawa Timur pada Pemilu 2024.

Ia disebut memilih maju sebagai bakal calon Anggota DPR RI melalui partai Perindo.

"Beliau [Emilia Contessa] mundur karena namanya juga masuk dalam daftar calon legislatif DPR RI dari salah satu partai," kata Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan saat dikonfirmasi, Selasa (22/8/2023).

Berdasarkan penelusuran di laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr, nama Emilia Contessa tercantum sebagai caleg sementara DPR RI dari Partai Perindo di daerah pemilihan (dapil) Jatim III yang meliputi Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

"Karena namanya masuk pada daftar caleg dan daftar calon anggota DPD, maka yang bersangkutan harus memilih salah satu. Kebetulan beliau memilih caleg partai," ucapnya.

Sebelumnya, Emilia Contessa pernah maju dan terpilih sebagai anggota DPD RI periode 2014-2019 dari Jatim.

Pada periode berikutnya, yakni 2019 lalu, Emilia mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI melalui Partai Amanat Nasional (PAN) di Dapil Jatim IV, meliputi Jember dan Lumajang. Tapi dia gagal lolos ke Senayan.

Selain Emilia Contessa, bakal calon anggota DPD RI dari Jatim Evi Zainal Abidin juga mengundurkan diri. Dia memilih maju sebagai caleg DPR RI dari partai Gerindra di dapil Jatim II yang meliputi Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo.

Dengan mundurnya dua bakal calon anggota DPD RI dari Jatim, maka tersisa 13 nama bakal calon anggota DPD RI dari Jatim yang akan berebut suara pada Pemilu 2024 mendatang.

Berikut 13 nama calon DPD RI dari Jatim yang masuk DCS untuk Pemilu 2024:

1. AA Ahmad Nawardi

2. AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

3. Abdul Qadir Amir Hartono

4. Adilla Azis

5. Agus Rahardjo

6. Ayub Khan

7. Bambang Harianto

8. Catur Rudi Utanto

9. Doddy Dwi Nugroho

10. Kondang Kusumaning Ayu

11. Kunjung Wahyudi

12. Lia Istifhama

13. Mohammad Trijanto.

#frd/kid





 
Top