JAKARTA -- Presiden Joko WIdodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

Jokowi menjelaskan, dalam perayaan HUT RI kali ini, pihaknya hendak memperlihatkan keberagaman Indonesia. Hal ini, kata dia, bisa dilihat dari para tamu undangan mengenakan berbagai macam baju adat khas daerah.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan di Gedung Nusantara Senayan

"Seperti yang kita lihat di Istana keberagaman dipadukan dengan keberanekaragam bermacam-macam baju adat yang kita pakai," jelasnya.

Jokowi menekankan kekuatan RI adalah keberagaman. Menurutnya, apabila dipersatukan, keberagaman ini akan menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia.

"Inilah sebetulnya kekuatan negara kita, kekuatan Indonesia ya keberagaman yang bisa dipersatukan. Jadi kalau kita bersatu, solid kompak itulah kekuatan besar Indonesia," jelasnya.

Upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka ini bisa disaksikan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023). Kali ini Jokowi mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Saat ini, ia menjabat Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Pada bagian lain Jokowi mengatakan ini merupakan upacara kemerdekaan terakhir yang diperingati di Jakarta sebelum ibu kota resmi pindah ke Kalimantan Timur.

"Insyaallah. Tahun depan insyaallah sudah di IKN. Kita lihat nanti," katanya.

Sebelum berlangsungnya upacara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Presiden Jokowi didampingi mensesneg Pratikno menyapa tamu undangan dan warga yang berada di luar istana.

#dtc/taa/imk




 
Top