BANK NAGARI tiada henti terus berinovasi. Dalam waktu dekat ini, bank pelat merah ini akan meluncurkan layanan pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Untuk mendekatkan layanan pembayaran digital tersebut kepada masyarakat, Bank Nagari pun gencar melakukan sosialisasi.

Salah satunya pada pagelaran Permindo Night Market, Sabtu (22/2/2020) malam. 

”Bank Nagari resmi mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk menerbitkan pembayaran digital QRIS per 5 Februari 2020. Dengan demikian, Bank Nagari menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama di luar Jawa dan Bali yang telah mendapatkan izin BI tersebut,” ungkap Pemimpin Divisi Treasury Bank Nagari, Roni Edrian, kepada wartawan.

QRIS ini, papar Roni, merupakan media pembayaran melalui QR code yang telah terstandar secara nasional untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

“Tujuannya tak lain agar pembayaran digital jadi lebih mudah bagi masyarakat dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu. Karena telah berstandar, QRIS
dapat digunakan lintas platform,” papar Roni lagi.

Ia menyebutkan untuk Bank Nagari sendiri dinamai Nagari QRIS. Fitur ini sudah tersedia di Nagari Mobile Banking. 

“Selain pembayaran, melalui QR Code juga
bisa melakukan transfer uang,” imbuhnya.

Berdasar data Bank Nagari, ada sebanyak 2.800 calon merchant yang akan bekerjasama. Khusus di Pasar Raya Padang terdata sekitar 281 toko.

Ditambahkan Pemimpin Bank Nagari Pasar Raya, Eka Andria Putra, pihaknya merencanakan akan menerapkan pembayaran digital QRIS ini kepada pedagang dan pengunjung Permindo Night Market. 

“Kami akan menggratiskan setoran awal pembukaan rekening tabungan sebagai rekening penampungan dalam penggunaan metode pembayaran dengan QRIS ini untuk 100 tenant di Permindo Night Market. Nanti transaksinya hanya melalui QRIS ini.
Jadi, bagi pengunjung yang telah mempunyai QRIS ini, bisa langsung melakukan transaksi di
tenant tersebut,” papar Eka.

Tak hanya di Permindo Night Market saja, sebut Eka. Secara bertahap, pembayaran digital QRIS ini akan diterapkan di Pasar Raya Padang.

“Bagi pedagang yang telah memiliki rekening Bank Nagari akan kita daftarkan dan bagika QRIS ini. Jadi, pedagang pun bisa melayani pengunjung yang ingin
melakukan pembayaran digital QRIS ini,” urai Eka.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa saat menghadiri Permindo Night Market mengapresiasi inovasi yang dilakukan Bank Nagari. Apalagi, pemerintah telah memberlakukan transaksi nontunai. 

“Dengan kehadiran pembayaran digital QRI ini, salah satunya masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel,” ungkap Hendri.

Di samping itu, sebut Hendri Sapta, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan pen-ljual. Pasalnya, transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. 

"Dan, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran
sistem pembayaran,” tuturnya seraya mengajak pedagang dan pengunjung melakukan pendaftaran pembayaran digital QRIS di Bank Nagari.

(**)
 
Top