BOGOR, JABAR -- Pemuda merupakan aset berharga suatu bangsa. Mereka adalah  sosok-sosok yang percaya bahwa buku mampu mengubah dunia di tengah masyarakat yang belum akrab dengan buku. 

Melalui gerakan “Gemari Baca" secercah harapan untuk  masa depan bangsa ini semakin terbuka lebar. Gemari Baca sebagai gerakan mengajak masyarakat untuk mencintai baca yang digalakkan oleh Dompet Dhuafa Pendidikan, berfokus meningkatkan budaya baca dan menciptakan masyarakat yang literat. 

BACA JUGA: Smart Ekselensia Juara III Lomba Perpustakaan... 
Jaringan Sekolah Indonesia melalui Duta Gemari Baca hadir untuk mendukung peran pemuda dalam upaya menebarkan semangat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat. 

Pada Minggu (23/2/2020) lalu, Duta Gemari Baca menghelat Gathering dan Musyawarah Besar (Mubes) Alumni yang dilaksanakan di Lembaga Pengembangan Insani, Bogor, Jawa Barat. Selama seharian penuh, sebanyak 25 orang Duta mendapatkan materi peningkatan kemampuan diri dalam menyebarkan virus berliterasi di masyarakat.

BACA JUGA: Ngopi di Warung Upnormal ..

“Gathering dan Mubes Duta Gemari Baca bertujuan untuk mengumpulkan perwakilan alumni dalam menghimpun dan menjaring aspirasi terhadap pengembangan program dan keterlibatan Duta dalam program literasi Dompet Dhuafa Pendidikan,” ujar Marlina, Pengelola Duta Gemari Baca, dalam pers relisnya ke redaksi www.sumatrazone.co.id, kemarin.

Mubes Alumni Duta Gemari Baca dilaksanakan dalam bentuk gathering dalam ajang mempererat kekeluargaan serta musyawarah pembentukan keluarga alumni Duta Gemari Baca. 

BACA JUGA: Bertepatan Hardiknas, SMART Wisuda 40 Siswa

Rangkaian kegiatan dalam musyawarah berupaya untuk mempererat kekeluargaan dan menjaring aspirasi dalam mendukung pengelolaan program Duta Gemari Baca. 

Menurut Marlina, membangun enggagement dan kekeluargaan antara alumni Duta Gemari Baca serta  menumbuhkan kembali semangat dan kesadaran Duta Gemari Baca dalam perannya menebarkan semangat literasi masyarakat di sekitarnya, menjadi tujuan utama diadakannya kegiatan ini. 

BACA JUGA: SLI DD Konsisten Tingkatkan Mutu Pendidikan Daerah Terpencil

"Kami berharap para alumni Duta mampu meningkatkan kapasitas dalam mendukung perannya sebagai penggerak literasi, menjaring aspirasi dan partisipasi alumni Duta Gemari Baca dalam pengelolaan program, membangun simpul jejaring komunitas literasi di Indonesia,” ungkapnya.

(rel/ede)
 
Top