MENTAWAI, SUMBAR - Promosi kesehatan merupakan  salah satu program untuk menyampaikan segala macam informasi yang berkaitan dengan kesehatan, dengan tujuan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya yang berkaitan dengan kesehatan.

“Segala aktivitas promosi kesehatan ini, memberikan informasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan, baik itu kesehatan indivindu maupun masyarakat," kata Pengelola Promkes Puskesmas Peipei, Yose Prima Putra, kepada www.sumatrazone co.id, Minggu (23/2/2020).

Yose lebih lanjut menjelaskan,  tujuan promosi kesehatan yang utama itu memberikan informasi yang pada tingkatan lebih lanjut dapat memicu kesadaran masyarakat mengenai program atau gerakan yang tengah dicanangkan oleh pemerintah.

Promosi kesehatan itu ada UKS di bawah naungan puskesmas, ada di sekolah dasar dan dua sekolah Taman kanak-kanak. Kegiatan rutin UKS diksanakan berupa pemeriksaan, penyuluhan dan konseling.

Selanjutnya ada kegiatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), sasarannya pelajar SMA dan remaja. Sementara kegiatan yang sudah berlanjut hingga saat ini adalah konselor sebaya.

Dikatakan, konselor sebaya ini  diambil  dari pelajar SMA  yang dipilih untuk menjadi pembina sebagai perpanjangan tangan atau kader kesehatan dalam promosikan kesehatan khusus remaja.

Program promkes ini, lanjut Yose upaya pemeliharaan kesehatan remaja untuk mempersiapkan menjadi orang dewasa yang sehat dan produktif baik sosial maupun ekonomi termasuk untuk reproduksi remaja dilakukan agar terbebas dari berbagai gangguan kesehatan yang dapat menghambat kemampuan menjalani kehidupan reproduksi secara sehat.

Lebih lanjut menjelaskan, program PKPR yang dijalankan ini meliputi, pelayanan konseling kepada semua remaja yang memerlukan konseling yang kontak dengan petugas kesehatan, membina minimal 1 sekolah (sekolah umum; sekolah berbasis agama) yang dilakukan setiap tahunnya.

Selain memberikan layanan pencegahan (preventive), Pengobatan (kuratif), Promosi dan Rehabilitasi, Puskesmas PKPR juga menjalankan kegiatan pemberian informasi dan edukasi, pelayanan klinis medis (termasuk pemeriksaan penunjang & rujukan) Konseling,Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS) dan Pelatihan Konselor Sebaya.

Secara umum, semua keluhan yang dapat ditangani oleh Puskesmas di tingkat pelayanan dasar dapat dilayani di Puskesmas PKPR. Termasuk di dalamnya adalah Layanan Kesehatan Reproduksi dan Seksual.

Sebagai contoh, beberapa layanan yang dilayani PKPR , Pemeriksaan Kehamilan bagi remaja, Konseling semua masalah Kesehatan Reproduksi dan Seksual, Konsultasi mengenai masalah kejiwaan, HIV AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Anemia. 

(ers)
 
Top