MERAUKE, PAPUA -- Budayakan cinta membaca sejak dini bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG), Satgas Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad Pos Toray, menghadirkan jendela ilmu melalui Mobil Pintar Perpustakaan Keliling di SD YPK Toray, Kampung Toray, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Jumat (28/2/2020).

“Berkeliling dan terus menghadirkan jendela ilmu bagi anak-anak sekolah di perbatasan RI-PNG, terus dilakukan oleh Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad melalui program yang telah berjalan sejak pertama kali bertugas, yakni Mobil Pintar Perpustakaan Keliling,” kata Dansatgas.

Dalam perpustakaan keliling kali ini, personel Pos Toray dipimpin Danpos Toray Letda Inf Wesly Tanaem bersama dengan tujuh orang anggotanya menghadirkan Mobil Pintar Perpustakaan Keliling atau yang dijuluki “Si Naga” di SD YPK Toray.

“Kita ingin membudayakan cinta membaca bagi anak-anak Papua sejak dini, selain itu juga untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, seperti pepatah yang mengatakan membaca buku merupakan jendela dunia. Di akhir acara personel Pos Toray juga membagikan segelas susu kepada anak-anak sebagai tambahan gizi,” ujar Dansatgas.

Mayor Inf Rizky Aditya juga menambahkan bahwa program dibidang pendidikan terus dilakukan mendukung kemajuan pendidikan di perbatasan. “Selain perpustakaan keliling, kegiatan membantu mengajar dan memberikan bimbel terus dilaksanakan secara rutin oleh personel Satgas yang memiliki wilayah binaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapten Arm Imam Ari Setiawan selaku Kordinator Mobil Pintar yang datang bersama empat  personel Pos Kout Sota menyampaikan bahwa perpustakaan keliling ini merupakan program memberantas buta aksara di perbatasan RI-PNG. “Kita akan rutin berkeliling mendatangi Pos-pos Satgas yang ada sekolah di daerah binaannya,” katanya.

Salah satu Guru SD YPK Toray, Ibu Jemima S. Tahiya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, khususnya Pos Toray yang telah menghadirkan Perpustakaan Keliling untuk anak-anak murid disekolahnya. 

“Kegiatan ini menjadi semangat tersendiri bagi siswa-siswi kami, terlihat anak-anak sangat antusias untuk membaca buku-buku yang disediakan, tentunya sangat bermanfaat sekali,” ucapnya.

Autentikasi: Pasi Intel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin, S.T. Han.




 
Top