PADANG -- Didaulat memberikan sepatah kata di acara silaturahmi dan kemitraan Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) dengan media cetak dan elektronik dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di ruang Hoegoeng Mapolda Sumbar, Kamis (20/2/2020), Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar H. Basril Basyar mewanti-wanti Kapolda Sumbar beserta jajaran supaya berpedoman pada UU No.40 tahun 1999 tentang Pers dalam penanganan delik pers.

"Sekiranya bapak kapolda beserta jajaran menghadapi persoalan terkait pemberitaan mass media atau menerima aduan seputar  delik pers, kami di sini mewakili segenap insan pers di Sumatera Barat mengingatkan supaya penanganannya berpedoman pada UU Pers," tegas wartawan senior yang oleh banyak kalangan akrab disapa "BB".

Lebih lanjut mantan Ketua PWI Sumbar dua periode tersebut mengungkapkan bahwa selama ini kita sama-sama mafhum jika kalangan pers dan jajaran kepolisian di daerah kerap main kucing-kucingan, apalagi jika sudah bersinggungan satu sama lain.

Pada satu sisi, urai BB, teman-teman pers dalam menjalankan fungsi selaku pemberita dituntut menulis sesuai fakta, berdasarkan apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Berpijak pada netralitas dan independensi selaku kontrol sosial.

"Jadi, kalaupun ada pihak-pihak yang merasa terpojok oleh produk pers, ada delik pers, jangan serta merta melarikan persoalan ke ranah hukum pidana karena pada UU Pers telah diatur sedemikian rupa segala hal terkait pekerjaan atau produk pers," tekannya lagi, disambut anggukan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, berikut segenap jajaran Polda Sumbar yang hadir di acara silaturahmi bersama puluhan jurnalis dan pimpinan media cetak, elektronik serta media online tersebut. 

Beri Penghargaan Mitra Aktif 

Selain kembali menegaskan netralitas jajaran Polda Sumbar dalam Pilkada 2020, kesiapan mem-back up upaya pembebasan tanah masyarakat untuk kelanjutan rencana pembangunan jalan tol Padang - Pekanbaru, serta mengungkap bahwa Sumbar ternyata merupakan provinsi urutan kelima teratas rawan hoax di Indonesia --, pada moment silaturahmi dengan insan pers ini Kapolda Toni Harmanto juga menyerahkan piagam penghargaan "Mitra Aktif Polda Sumbar" kepada sejumlah reporter dan fotografer media di Padang. Para jurnalis ini dinilai proaktif serta intens menyebarluaskan berita seputar kegiatan, program dan prestasi jajaran Polda Sumbar melalui masing-masing media tempat mereka bekerja. 

Tak lupa, pada penghujung acara juga dilakukan foto bersama kapolda dengan segenap pimpinan dan awak media. 

(ede)
 
Top