JONI ANWAR
Kepala Disparpora Mentawai
MENTAWAI, SUMBAR -- Sempat menjadi pihak paling disorot dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Siberut Barat Daya pada Jumat (21/2/2020) lalu, akhirnya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Joni Anwar, 'buka suara'. 

Dijelaskan Joni, ketidakhadiran pihaknya dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Siberut Barat Daya tempo hari disebabkan tidak adanya surat permintaan narasumber ke Disparpora Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebagai dasar penugasan dan keikutsertaan dalam kegiatan Musrenbang.

Alasan ketidakhadiran dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Siberut Barat Daya tersebut baru disampaikan Joni melalui pesan whats'app (WA), Minggu (23/2/2020) siang, sebagai balasan atas konfirmasi www.sumatrazone.co.id pada Sabtu (22/2/2020) sore. 

Seperti diberitakan sebelumnya, ketidahadiran pihak Disparpora dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Siberut Barat Daya pada Jumat (21/2/2020) lalu menjadi sorotan bahkan menimbulkan kekecewaan, terutama dari anggota legislatif yang hadir. Tak satu pun delegasi Disparpora hadir dalam musrenbang tingkat kecamatan yang sarat pembahasan krusial untuk pembenahan Mentawai ke depan tersebut.

Anggota Komisi  I DPRD Mentawai dari  Fraksi Perindo, Stevanus Sabaggalet, terang-terangan mengungkapkan kekecewaan atas kondisi tersebut.  

Sangat Keterlaluan

Menurutnya Stevanus, ketidakhadiran pihak Disparpora serta beberapa dinas lainnya dalam sebuah kegiatan krusial dan menentukan bagi kelangsungan pembangunan "Bumi Sikerei" ke depannya bisa dikategorikan sebagai sesuatu yang sangat keterlaluan. 

"Jika dinas terkait tidak hadir, maka Musrenbang yang dilaksanakan akan sebatas seremonial saja, tidak menemukan titik temu dalam pengusulan program kegiatan," ujar Stevanus.

Sebagai perimbangan berita, redaksi www.sumatrazone.co.id melalui pesan whats'app (WA), Minggu (22/2/2020) sore, mencoba konfirmasi dengan Kepala Disparpora Mentawai Joni Anwar. Namun kala itu Joni belum berkenan memberikan klarifikasi atas ketidakhadiran satu pun pihaknya di kegiatan Musrenbang Kecamatan Siberut Barat Daya. Ia malah minta dihubungi oleh perwakilan www.sumatrazone.co.id di Mentawai. 

Namun setelah itu, ketika perwakilan www.sumatrazone.co.id di Mentawai berupaya menghubungi ke ponsel-nya, Joni tidak mengangkat. Permintaan klarifikasi melalui pesan WA juga belum dibalas. 

Barulah pada hari ini, Minggu (23/2/2020), www.sumatrazone.co.id menerima balasan berupa klarifikasi dari Joni bahwa ketidakhadiran pihaknya dalam Musrenbang Kecamatan Siberut Barat Daya disebabkan tidak menerima surat permintaan narasumber dari penyelenggara Musrenbang, dalam hal ini pihak Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

(tim)


 
Top