PADA Maret mendatang, sebanyak 48 nagari di Kabupaten Pasaman akan menggelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak. Menghadapi pesta politik di tingkat pemerintahan terendah ini, Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE meminta semua pihak untuk taat serta patuh terhadap aturan main yang sudah ditetapkan.

”Imbauan ini terutama lebih ditekankan kepada panitia penyelenggara sebagai pihak yang paling bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pilwana di sejumlah nagari,” tegas Hendri Yahya, di Lubuk Sikaping, Kamis (27/2/2020).

Kapolres Hendri Yahya mewanti-wanti panitia pilwana untuk tidak melakukan perbuatan yang memungkinkan untuk terjadinya kerawanan-kerawanan, baik yang menyangkut tertib administrasi dan lainnya. Bila ditemukan dugaan panitia pelakukan kecurangan-kecurangan pihaknya akan melakukan proses sesuai dengan hukum yang berlaku.

BACA JUGA: Polres Pasaman Teratas "Seikara Crime Clerance" 

Untuk tujuan ini, menurut Kapolres Pasaman, pihaknya akan menjalin koordinasi dengan jajaran terkait seperti Pemda, Panwaslu, KPU dan lainnya. ”Kalau terbukti melakukan pelanggaran, akan diproses secara hukum,” tegasnya.

Mantan Kapolres Kepulauan Mentawai ini juga mengingatkan, kunci utama kesuksesan penyelenggaraan pilwana terletak sejauh mana seluruh komponen masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif untuk melakukan pemantauan agar semua pihak yang terkait dalam proses itu menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), wewenang dan kompetensi masing-masing.

”Kami dari kepolisian tidak berdaya bila tidak mendapat bantuan dari instansi terkait, terutama dari seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA: WARNING Polda Sumbar Jika Masyarakat Sebar Hoax

Pilwana yang akan diselenggarakan di sejumlah nagari di Pasaman itu, menurut Hendri Yahya, saat ini masih menjalani tahap-tahap awal. ”Kita telah menurunkan personil ke lapangan untuk melakukan pemantauan, dan sejauh ini masih berlangsung dalam kondisi aman dan kondusif,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, pada Maret mendatang sebanyak 48 nagari di Kabupaten Pasaman akan menyelenggarakan pilwana serentak. Ke-48 nagari itu terdiri atas, 23 Nagari Induk dan 25 Nagari Persiapan. Ke-48 nagari yang akan menggelar Pilwana serentak itu, tersebar di sejumlah kecamatan. Di antaranya, Lubuksikaping, Tigonagari, Bonjol, Simpati, Mapattunggul
Selatan, Mapattunggul, Duokoto Rao Selatan, Rao serta Rao Utara. 

(syf/ede)
 
Top