SELAMAT Hari Perawat Nasional kepada para perawat yang telah berjasa dan berkontribusi dalam dunia kesehatan. Namun tahukah Anda bagaimana sejarah dan makna yang terkandung di dalam Hari Perawat Nasional ini? Berikut kilas sejarahnya.. 

Hari Perawat Nasional diperingati setiap tanggal 17 Maret. Pada tahun ini, Hari Perawat Nasional yang ke-48 jatuh pada hari ini, Kamis, 17 Maret 2022. Hal ini menjadi momentum dalam menghargai para tenaga kesehatan khususnya para perawat telah berjasa dan berperan penting di dunia kesehatan.

Tema Hari Perawat Nasional 2022 ini adalah “Perawat Bersama Rakyat, Menuju Bangsa Sehat, Bebas Covid-19”. Makna dari tema ini adalah perawat Indonesia terus melayani rakyat untuk bersama-sama menuju bangsa yang sehat dan segera terbebas dari Covid-19.

Sejarah 

Hari Perawat Nasional dilatar belakangi dengan hari pendirian Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada tanggal 17 Maret 1974 silam. Tujuan dari berdirinya PPNI dikarenakan para tenaga perawat harus berada dalam sau organisasi profesi.

PPNI merupakan organisasi satu-satunya yang mewadahi para perawat di Indonesia. Dengan hadirnya organisasi ini, terciptanya pemersatu, pembina, pengembang, pembuat kebijakan hingga keperawatan di Indonesia.

Jauh sebelum berdirinya PPNI, organisasi perawat juga telah ada sejak berdirinya rumah sakit Residen Vpabast pada tahun 1918 di Jakarta yang kini dikenal sebagai RS Cipto Mangunkusumo.

Pada masa itu tercatat sejumlah organisasi diantaranya adalah Perkumpulan Kaum Verpleger faster Indonesia (PKVI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), Ikatan Perawat Indonesia (IPI) dan Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI).

Pertemuan organisasi tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh salah satunya adalah Maskoed Soerjasumantri. Dari pertemuan itu dihasilkan kesepakatan untuk membangun organisasi dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang sama bernama Persatuan Perawat Indonesia pada 17 Maret 1974.

Penggabungan organisasi tersebut dilaksanakan di Ruang Demonstration, Jalan Prof. Eyckman No. 34 Bandung, Jawa Barat. Setelah itu dibentuknya kepanitiaan untuk mempersiapkan Kongres Pertama pada tahun 1976

Demikian informasi mengenai Hari Perawat Nasional beserta sejarah dan maknanya. Tanggal 17 Maret digunakan sebagai momentum peringatan Hari Perawat Nasional untuk mengapresiasi dan menjunjung tinggi perjuangan perawat untuk kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

###




 
Top