JAKARTA -- Softbank mengurungkan niatnya menjadi calon investor proyek ibu kota baru atau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur. Sebagai gantinya, Softbank akan mengalihkan dana investasi tersebut ke Sumatera Barat (Sumbar).

Namun, Representative Director & Chairman Softbank Ken Miyauchi menyebut bahwa Softbank akan tetap melanjutkan investasi pengembangan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

Tidak cuma itu, Softbank juga akan mengalihkan dana investasi yang tadinya diperuntukkan ke IKN menjadi investasi proyek di Sumbar. Namun, Ken tidak menyebutkan lebih detail investasi yang akan disasarnya di Sumbar.

"Informasi dari founder kami, Masayoshi Son, dalam waktu dekat akan ada rencana pengalihan pendanaan proyek pembangunan IKN ke Sumatera Barat," terangnya, dilansir Reuters, Jumat (11/3/2022).

Ia menyebutkan bahwa Softbank mundur sebagai investor proyek ibu kota baru di Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, lantaran faktor tingkat pengembalian investasi atau return on investment (RoI).

"Return on Investment adalah alasan utama kami mundur dari proyek yang dimaksud, dari segi waktu dan besar return on investment itu sendiri," ujarnya dalam keterangan resmi.

#bir/bin





 
Top