JAKARTA -- Kebakaran yang terjadi di permukiman padat di Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), telah padam. Puluhan rumah hangus terbakar akibat kebakaran tersebut.

Ketua RT 006 Cipete Utara, Hamdani, menyebutkan total rumah yang terbakar sebanyak 25-30 unit. Ia menyebut dugaan sementara, kebakaran disebabkan korsleting listrik.

"(Total) 25-30 rumah yang terbakar, 1 blok. Dari depan sini sampai ke belakang sana. Cuma ada 3 rumah yang tidak terbakar," ujar Hamdani kepada awak media di lokasi, Sabtu (19/3/2022).

Kebakaran tersebut terjadi di permukiman padat di Jalan Cempaka III, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jaksel.

Hamdani menjelaskan kebakaran bermula dari dua rumah di lantai atas yang mengalami korsleting listrik. Warga yang melihat percikan api pun langsung mencari sumbernya.

Saat kejadian, rumah tersebut dalam keadaan kosong. Api pun menjalar dengan cepat dan merambat ke rumah warga.

"Dugaan karena korsleting ya. Jadi ada dua rumah di lantai atas yang korslet. Setelah itu, warga langsung mencari sumbernya," kata dia.

"Cuma waktu itu karena titik apinya di lantai atas dan tidak ada orang, itu api sudah besar. Jadi warga semampunya memadamkan api," sambung Hamdani.

Api yang besar membuat warga kewalahan saat memadamkannya. Dia pun akhirnya terlebih dulu mengevakuasi warga dan menjemput petugas damkar.

"Karena tidak mampu, jadi ya akhirnya kita semuanya mengutamakan evakuasi warga dengan kondisi lingkungan sempit begini kan warga juga ada yang mengevakuasi harta bendanya," tutur Hamdani.

Pasca pemadaman api, di lokasi, petugas pemadam kebakaran (damkar) masih membereskan sisa-sisa bangunan yang terbakar. Beberapa dari mereka pun tampak masih memadamkan percikan api yang sedikit masih menyala.

Salah satu warga setempat, Citra (26), mengungkapkan kebakaran terjadi pagi tadi. Saat kejadian, dia mengaku tengah tertidur.

"Iya pagi tadi. Panik, itu pas kejadian aku masih tidur," ujar Citra.

Citra selamat dalam kejadian tersebut. Rumah orang tuanya yang saat ini ditempatinya juga tidak tersambar api.

Hanya, sambung Citra, rumah pakdenya menjadi korban kebakaran tersebut. Pakdenya pun terpaksa mengungsi ke rumah orang tua Citra yang saat ini ia tinggali.

"Rumah aku nggak kena alhamdulillah. Api nggak sampai ke rumah. Cuma rumah pakde aku yang terbakar, kebetulan rumah pakde di belakang," kata Citra.

Petugas damkar menerima informasi kebakaran itu pada pukul 07.01 WIB. Sebanyak 23 unit alat pemadam kebakaran dikerahkan menuju ke lokasi.

"Iya betul (ada kebakaran), sudah 18 unit, penunjangnya 5. Jadi total ada 23," kata petugas call center Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Sauki Fadli, saat dimintai konfirmasi pukul 07.15 WIB, Sabtu (19/3/2022).

#dtc/nov





 
Top