TANGERANG, BANTEN -- Densus 88 Antiteror Polri menangkap 1 tersangka teroris di Kabupaten Tangerang, Banten. Tersangka teroris yang ditangkap Densus 88 itu merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pertanian (Kadisperta) Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan membenarkan hal tersebut. Ia menyebutkan anak buahnya yang ditangkap itu bernama Tobiin.

"Iya betul betul (ditangkap Densus 88). Tadi abis subuh di masjid yang dekat tempat tinggalnya di Sepatan Timur. Namanya Tobiin," kata Azis saat dihubungi awak media, Selasa (15/3/2022).

Azis membenarkan status Tobiin di Disperta sudah PNS sekitar sepuluh tahun. Azis sendiri sudah melaporkan penangkapan ini kepada Sekda Kabupaten Tangerang.

"Benar iya PNS. Sudah dari CPNS di Disperta sini sekitaran sepuluh tahun atau lebih lah. Memang dia lulusan pertanian dari Unila. Iya benar ditangkap mengarahnya ke situ (dugaan terorisme) saya sudah lapor ke Pak Sekda juga," tambahnya.

Tobiin menjabat sebagai staf di Disperta. Azis mengaku kaget atas penangkapan itu.

"Staf analisa alat mesin pertanian. Staf biasa bukan pejabat struktural. Saya sendiri juga cukup mengagetkan lah ya. Tobiin perangainya baik banyak ide banyak gagasan ya punya kemampuan lah. Tidak ada tanda-tanda seperti yang diduga atas penangkapannya," ungkapnya.

Azis pertama kali mendapatkan kabar terkait penangkapan itu dari keluarga Tobiin. "Keluarganya istrinya yang menyampaikan ke saya lewat telpon bahwa sepulang dari masjid tidak pulang lagi ke rumah abis salat subuh. Terus juga tidak lama lagi pihak yang berwajib densus ya ke rumahnya Tobiin ke keluarganya menyampaikan bahwa diamankan," bebernya.

Azis menambahkan pihaknya menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada pihak yang berwajib. Penegakkan hukum, jelas Azis, harus tetap ditegakkan.

"Ya artinya saya selaku pemerintah kalau memang salah ya ditindak lah ya sesuai dengan aturan tidak ada pilih-pilih kasih lah siapapun yang bertindak. Kita tetap menyesalinya tapi penegakan hukum tetap harus ditegakkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tobiin ditangkap sekitar pukul 04.52 WIB hari ini. Tobiin diamankan Densus 88 di wilayah Sepatan, Tanggerang.

"Iya betul betul (ditangkap Densus 88). Tadi abis subuh di masjid yang dekat tempat tinggalnya di Sepatan Timur. Namanya Tobiin," kata Kepala Dinas Pertanian (Kadisperta) Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan saat dihubungi awak media, Selasa (15/3/2022).

#dtc/nov





 
Top