JAKARTA -- Proyek Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu terus dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dengan adanya jalan tol ini akan memudahkan terhubungnya sentra-sentra produksi hingga bisa membuka peluang usaha baru.

"Kehadiran jalan tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah. Disamping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Jumat (11/3/2022).

Lalu, bagaimana proses pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu? Simak beberapa fakta di bawah ini:

1. Panjang 95,8 km

Salah satu jalan tol yang tengah dibangun Kementerian PUPR ini memiliki ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dengan panjang 95,8 kilometer (km).

Ruas jalan tol ini terbagi menjadi 3 Seksi yaitu Seksi 1 Lubuk Linggau-Kepahiang sepanjang 54,5 km, Seksi 2 Kepahiang-Taba Penanjung sepanjang 23,7 km, dan Seksi 3 Taba Penanjung-Bengkulu sepanjang 17,6 km.

2. Dikelola Bersama Hutama Karya

Pembangunan jalan tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) bersama PT Hutama Karya (Persero), dengan progres konstruksi di Seksi 3 ruas Taba Penanjung-Bengkulu telah mencapai 96,51%.

"Progres konstruksi Seksi 3 ruas Taba Penanjung-Bengkulu telah mencapai 96,51% dan ditargetkan dalam waktu dekat di kuartal I tahun 2022 akan selesai konstruksinya dan dapat dioperasikan. Seksi 1 dan 2 saat ini masih dalam tahap persiapan," tutur Basuki.

3. Terintegrasi Pelabuhan Baai

Basuki juga menjelaskan terkait keberadaan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu yang terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, dimana nantinya bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke bengkulu.

4. Lubuk Linggau ke Bengkulu 1-2 Jam

Jika dicek melalui Google Maps waktu tempuh dari Lubuk Linggau ke Bengkulu membutuhkan 3-4 jam perjalanan. Tetapi, setelah tol ini beroperasi, nantinya pengendara bisa lebih menghemat waktu menjadi 1-2 jam saja.

"Setelah tol ini beroperasi, nantinya pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuk Linggau untuk mencapai Kota Bengkulu. Kehadiran jalan tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu," ujar Basuki.

5. Bagian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

Ruas Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu merupakan salah satu bagian ruas jalan tol utama dari JTTS yang sedang dalam tahap konstruksi.

JTTS ini memiliki 28 ruas sepanjang 2.837 km yang terbagi menjadi dua ruas yaitu ruas tol utama (backbone) sepanjang 1.913 km dan ruas tol sirip (feeder) sepanjang 924 km. Dalam pembangunan JTTS, ruas tol utama 531 km sudah beroperasi dan 486 km sedang tahap konstruksi yang salah satunya adalah Jalan Tol Lubuk Linggau-Bengkulu.

#dtc/bin





 
Top