SERANG -- Pasca-debat kedua calon wakil presiden (cawapres), sebuah meme menggelitik muncul di media sosial, khususnya Twitter dan Facebook. Pada meme tersebut, terlihat beberapa perlengkapan canggih yang disebut akan digunakan oleh cawapres 01 Ma'ruf Amin.

Tampak beberapa alat canggih yang disebut akan 'digunakan' oleh mantan Rais Aam PBNU, seperti peci dengan perangkat wifi untuk komunikasi rahasia serta kacamata laser.

Menanggapi itu, cawapres pendamping Jokowi itu menilai orang-orang yang berpikiran semacam itu terlalu banyak menonton film bertema action. Sebab menurutnya, tak mungkin dia menggunakan benda-benda semacam Ethan Hunt di film Mission Impossible. 

"Jangan-jangan mereka kebanyakan nonton film 'Mission Impossible' itu. Saya kan kiai, kiai itu kan apa adanya saja, dan tidak mungkin Pak Jokowi menggunakan yang begitu-begitu itu," papar Ma'ruf di Ponpes An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Selasa (19/2/2019).

Mustasyar PBNU itu juga menegaskan, tak mungkin Jokowi menggunakan alat bantu komunikasi berupa earpiece saat debat.

Kiai Ma'ruf juga berkelakar tak akan memasukkan alat canggih di songkok/kopiyah atau sarung dalam debat ketiga nanti. "Gimana ya, kok saya diisukan pecinya dipakein apa gitu, kacamatanya, padahal saya enggak pernah begitu-begitu. Saya kan kiai, kiai itu kan apa adanya saja?," kata Ma'ruf.

Ditambahkannya, Jokowi sudah mengantongi semua data dan fakta. Selain itu, sebagai pengambil kebijakan, Jokowi tentu sudah hafal dengan kebijakan apa saja yang sudah diputuskannya. Jadi, tudingan itu dianggap Ma'ruf sebagai tudingan tak jelas.

"Enggak usah disuplai dari mana-mana, beliau sudah ngantongin. Saya sudah bilang kalau itu semua ada di dalam kepalanya Pak Jokowi. Kalau saya adanya di luar kepala saya," imbuhnya seperti dilansir okezone.com. 

(okz/nov)
 
Top