BENGKULU -- Presiden Joko Widodo meninjau penataan kawasan permukiman nelayan tepi air di Bengkulu. Dalam peninjauan ini, Jokowi ditemani Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Jokowi menyambangi permukiman nelayan tepi air di Kampung Sumber Jaya, Bengkulu, Jumat (15/2/2019). Begitu keluar dari mobil, Jokowi berjalan menuju rumah yang sedang dalam tahap renovasi.

"Assalamualaikum, selamat siang," sapa Jokowi disambut salaman tangan dari pemilik rumah.

Dalam tinjauannya ini, Jokowi ditemani oleh Susi dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Mereka berjalan menyusuri jalan pekampungan tersebut.

Usai meninjau beberapa rumah dan menyapa warga, Jokowi, Susi dan Moeldoko meninjau dermaga. Dermaga tampak rapi dan bersih. Di tepiannya bersender beberapa kapal nelayan.

Warga yang berkumpul di sekitar dermaga berteriak memannggil Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menghampiri untuk bersalaman dan meladeni permintaan foto.

"Ini penataan kampung nelayan yang sudah 3 tahun kita kerjakan, tidak hanya di Bengkulu tetapi juga ada di Tegal, Jawa Tengah dan Pontianak. Kurang lebih hasilnya seperti ini," kata Jokowi kepada wartawan.

Dia mengatakan, perkampungan nelayan Sumber Jaya yang ditinjau itu progres penataannya baru sekitar 20 persen. Persoalan sertifikat juga masih banyak yang belum selesai.

"Sertifikat belum diselesaikan, fasilitas umum belum, rumah-rumah yang lain belum. Nanti kalau sudah rampung benar, baru. Setelah dimulai penataan, rumah-rumah lebih tertata bersih. Nelayan jadi bisa bersandar," kata Jokowi, seperti dilansir detik.com.

(dtc/nov)
 
Top