SEMARANG -- Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, tetap menunaikan shalat Jumatnya di Masjid Agung Kauman, Semarang, meski sebelumnya menuai sorotan karena diperingatkan pengurus masjid soal larangan berkampanye.

Namun Prabowo tampaknya enggan tersorot media saat hadir di Masjid Kauman, bahkan tak diketahui oleh pendukung yang menantinya sebelum Jumatan. Prabowo tidak masuk melalui pintu depan, namun lewat pintu samping masjid.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, seperti dilansir dari kumparan.com, mengatakan, Prabowo tiba di masjid sekitar pukul 11.55 WIB dan langsung masuk ke dalam masjid menempati saf paling depan. Kehadiran mantan Danjen Kopassus itu disambut jemaah yang ada di dalam masjid.

Meski ada Prabowo, salat Jumat di Masjid Kauman berlangsung seperti biasanya, para takmir masjid merapikan saf baik di dalam maupun di luar. Sementara, simpatisan Prabowo ikut memadati masjid tertua di Kota Lumpia tersebut.

Ibadah salat Jumat berlangsung seperti biasa, diisi khutbah dan salat dua rakaat. Tak ada acara sambutan dari Prabowo di masjid, sehingga dia hanya ikut salat Jumat berjemaah. Begitu pun tak ada atribut parpol.

Tiga unit mobil yang menurut informasi digunakan oleh Prabowo maupun timsesnya, terparkir persis di depan masjid. Mobil itu berupa satu mobil Pajero warna hitam dan 2 mobil jenis Alphard di belakangnya.

Usai ibadah salat Jumat selesai, jemaah langsung membubarkan diri lantaran hujan deras mengguyur Kota Semarang. Para wartawan dan simpatisan menantikan Prabowo yang sedianya akan keluar lewat pintu depan.

Namun, saat hujan semakin deras rupanya Prabowo menggunakan kesempatan tersebut untuk menghindar dari kejaran pers. Dia keluar lewat pintu sebelah kiri masjid yang masuk ke area kampung.
Hal itu diketahui dari rombongan mobil yang bergerak maju, padahal tidak ada satu pun yang melihat Prabowo masuk ke dalamnya.

"Ya sudah nunggu, pengin lihat Pak Prabowo. Lho malah lewate samping," kata seorang simpatisan.

Direktur Materi Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said, mengatakan, usai salat Jumat, Prabowo langsung menuju ke Hotel Gumaya untuk beristirahat.

"Ya istirahat untuk nanti kegiatan lagi sore hari kuliah kebangsaan," katanya.

(kpc/nov)
 
Top