LAHAT, SUMSEL -- Ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ambrol, Sabtu (15/2/2019) pagi. Akibatnya akses jalan dari Lahat menuju Empat Lawang nyaris terputus. Sebelumnya jalan Lahat - Kota Pagaralam dan Jalan Pagaralam - Bengkulu, sempat putus total karena longsor.

Pengendara diminta berhati-hati karena badan jalan sangat sempit dan dikhawatirkan kembali ambrol. Petugas terkait telah berada di lokasi dan memasang rambu peringatan dan garis di lokasi.

Meskipun belum diketahui penyebab ambrolnya jalan Lintas yang menghubungkan Kabupaten Lahat dengan Kabupaten Empat Lawang, tepat di Desa Bunga Mas, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat pada Sabtu (17/2) pagi itu, namun separuh jalan sekitar 6 meter dan panjang sekitar 20 meter ambrol sedalam dua meter.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun Polisi, TNI bersama warga telah memasang garis pengaman agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Buat sementara karena curah hujan yang cukup tinggi dan tanah yang labil. Ambrolnya turun sekitar 2 meter,  panjangnya sekitar 20 meter yang memakan separuh badan jalan. Pengendara yang melintas agar hati hati patuhi ramu rambu yang telah dipasang," Kata Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap melalui Kasubag Humas Sabtu (17/2/2019).

Pemerintah Kabupaten Lahat, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) saat ini telah berkoordinasi dengan pihak balai besar mengenai ambrolnya jalan nasional tersebut. "Pihak balai besar sudah di jalan menuju kesini (lokasi jalan ambrol)," ujar Plt Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang  Lahat, Mirza Azhari ST.

(fer/zul)
 
Top