PASBAR, SUMBAR – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Kabupaten (Humas Setkab), mengharapkan, momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) semakin memacu semangat insan pers untuk menyajikan pemberitaan berimbang serta bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Pers sebagai salah satu pilar demokrasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat. Karya jurnalistik yang dihasilkan insan pers, sangat menentukan arah dan kebijakan pemerintah untuk masyarakat," ujar Kepala Bagian Humas Setkab Pasbar, Yosmar Difia, usai mengikuti puncak peringatan HPN 2019 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/2/2019).

Lebih lanjut, Yosmar yang pada kesempatan itu didampingi didampingi Kasubag Pers dan Media, Yudhinal Reviola, mengatakan, pers hadir sebagai mata telinga rakyat yang bisa langsung sampai ke pemerintah, dalam upaya memberikan pelayanan dan terlaksana baiknya pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya pemberitaan yang disajikan harus dengan narasumber yang jelas dan dipercaya. Selain itu juga harus memikirkan manfaat dan dampaknya untuk masyarakat,” ujarnya.

Selaku elemen yang saban hari berinteraksi dengan kalangan pers, Yosmar berharap pers atau media yang ada, khususnya di Pasaman Barat, benar-benar membuat berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Jangan sampai membuat berita bohong dengan narasumber yang tidak jelas. Mari terus tingkatkan karya jurnalistik kedepannya,” harapnya.

Ia memberikan apresiasi kepada insan pers yang ada, khususnya di Pasaman Barat. Banyak berita yang disajikan bisa menjadi masukan pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, pers bisa menjadi media arus utama dalam memberitahukan informasi yang tepat kepada masyarakat.

Apalagi saat ini maraknya informasi yang berseliweran di media sosial yang biasa dikenal dengan istilah berita hoaks.

“Mudah-mudanan di momen HPN ini, pers ke depannya bisa menjadi pers mencerdaskan dan bermanfaat bagi masyarakat, serta sarat masukan bagi pemerintah,” harapnya.

(rel/ede)
 
Top