JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima 21 nama yang lolos seleksi tahap akhir pemilihan calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2022-2027. Jumlah tersebut akan diseleksi jadi 14 orang.

"Sesuai ketentuan pasal 12 Undang-Undang OJK, Bapak Presiden akan memilih dan menyampaikan 14 calon anggota Dewan Komisioner kepada DPR," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (7/3/2022).

Dari 21 nama, ada 3 calon yang dijagokan untuk menjadi Ketua Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027. Nantinya Jokowi akan memilih 2 nama untuk kemudian dibawa ke DPR RI guna uji kepatutan dan kelayakan.

Nama yang terpilih menjadi calon Ketua Dewan Komisioner OJK adalah Mahendra Siregar. Pria 59 tahun itu saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), dia juga merupakan mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Calon kedua adalah Darwin Cyril Noerhadi yang saat ini menjadi dewan pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI). Beliau merupakan salah satu investor terkemuka di Indonesia dan merupakan pendiri dari firma finansial Creador Indonesia.

Darwin Cyril Noerhadi pernah memegang jabatan penting termasuk menjabat sebagai Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Direktur Keuangan Medco Energi, dan Partner di bidang Corporate Finance pada Price Waterhouse Coopers Indonesia.

Calon Ketua Dewan Komisioner OJK yang ketiga adalah Iskandar Simorangkir yang saat ini menjabat sebagai Deputi Kemenko Perekonomian Bidang Koordinasi Makroekonomi dan Keuangan, setelah sebelumnya juga sempat berkarier di Bank Indonesia.

Berikut 21 nama beserta jabatannya yang lolos tahap akhir untuk jadi calon Dewan Komisioner OJK:

Calon Ketua DK OJK merangkap anggota:

1. Mahendra Siregar

2. Darwin Cyril Noerhadi

3. Iskandar Simorangkir

Calon Wakil Ketua DK OJK merangkap Ketua Komite Etik dan anggota:

1. Mirza Adityaswara

2. Marwanto

3. Mohamad Fauzi Maulana Ichsan

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota:

1. Dyan Ediana Rae

2. Agusman

3. Ogi Prastomiyono

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota:

1. Hoesen

2. Inarno Djajadi

3. Doddy Zulverdi

Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian Dana Pensiun Lembaga Pembiayaan & Lembaga Jasa Keuangan lainnya sekaligus merangkap anggota:

1. Pantro Pander Silitonga

2. Iwan Pasila

3. Adi Budiarso

Calon Ketua Dewan Audit merangkap anggota:

1. Hidayat Prabowo

2. Sophia Isabella Wattimena

3. Budi Santoso

Calon Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen:

1. Friderica Widyasari Dewi

2. Hariyadi

3. Difi Johansyah

#dtc/bin



 
Top