SOLOK adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kabupaten ini merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatra Barat, yang dikenal dengan nama Bareh Solok.

Tak hanya unggul dalam memproduksi berbagai komoditas perkebunan, Solok yang masyarakatnya masih kental adat budaya juga memiliki tempat-tempat wisata menarik yang layak direkomendasikan untuk dikunjungi.

Berikut www.sumatrazone.co.id merangkum 10 tempat wisata di Kabupaten Solok:

1. Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Pemandian Air Panas Bukik Gadang atau biasa disebut Aia Angek Bukik Gadang merupakan tempat wisata alam yang tidak bisa dilewatkan. Air panas yang bersumber dari Gunung Talang, oleh warga dianggap bisa menyembuhkan beragam penyakit. Pemandian ini berlokasi di Kenagarian Koto Gadang Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya.

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan tempat wisata paling terkenal di Solok. Bahkan sejak era kolonial. Popularitasnya menyamai Danau Toba.

Danau singkarak memiliki permukaan air yang jernih dan berwarna kebiruan jika cuaca cerah. Arusnya cukup tenang.

Di sekitar danau terdapat wahana untuk outbond dan berkemah. Selain kegiatan tersebut pengunjung bisa juga memancing atau menyewa perahu untuk berkeliling danau.

3. Bukik Chinangkiek

Bukik Chinangkiek menawarkan pemandangan khas dari ketinggian. Uniknya melalui bukik Chinangkiek pengunjung bisa melihat danau singkarak yang terbentang luas di bawah.

4. Puncak Gobah

Puncak Gobah terletak di Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak. Tidak hanya pemandangan indah dan segar dari ketinggian, puncak Gobah menyediakan fasilitas paralayang yang bisa disewa oleh wisatawan. Kamu bisa menyaksikan Danau Singkarak yang sudah terkenal keelokannya.

5. Puncak Bukit Cambai

Puncak Bukit Cambai cocok untuk yang suka hiking. Berlokasi di Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Danau Kembar, Puncak Bukit Cambai menawarkan pemandangan indah yang menakjubkan ketika di atas. Bukit ini dikelilingi 4 danau serta perbukitan lainnya.

6. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang terletak di Kecamatan Lembah Gumanti, Solok. Selain pemandangan yang bisa menyegarkan mata, di sekitar kebun teh terdapat berbagai kuliner lokal yang dijual oleh penduduk setempat, seperti kolak kundunua, sate khas Solok, dan teh asli yang dipetik dari kebun tersebut.

7. Air Terjun Sarasah Batimpo

Air terjun ini bernama Air Terjun Sarasah Batimpo ini berlokasi di Desa Laing Kecamatan Tanjung Harapan. Letaknya strategis dengan pemandangan yang menarik dan indah.

8. Danau Diateh Danau Dibawah

Tempat wisata ini wajib kamu kunjungi. Sering disebut danau kembar karena satu sama lain hanya terpaut jarak kurang lebih 300 meter.

Danau Diateh Danau Dibawah ini menyajikan hamparan air yang luas dan tenang. Kamu bisa melihat refleksi pemandangan sekitar dari permukaan danau. Pepohonan hijau disekitar danau membuat suasana makin asri menyejukkan.

Kalau ingin menyaksikan dua danau tersebut bersamaan, kamu bisa mendaki bukit yang tidak jauh dari situ. Danau ini terletak di Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti.

9. Nagari Seribu Rumah Gadang

Jika kamu mencari rekomendasi tempat wisata di Solok yang berbasis non alam, sebaiknya kamu pergi ke Nagari Seribu Rumah Gadang. Nagari Seribu Rumah Gadang adalah julukan untuk pusat kebudayaan Minangkabau di perkampungan rumah Gadang beserta masyarakatnya yang masih menjunjung tinggi adat leluhur. Kamu bisa melihat-lihat arsitektur rumah Gadang yang khas dan hanya ditemui di Sumatra.

10. Masjid Tuo Kayu Jao

Selain Nagari Seribu Rumah Gadang, kamu mungkin tertarik dengan Masjid Tuo Kayu Jao. Masjid yang terbuat dari kayu ini sangat kuno dan memiliki nilai sejarah. Bisa dibilang ini adalah bangunan masjid tertua di Indonesia. Masjid Tuo Kayu Jao masih berdiri kokoh sebagai saksi bisu penyebaran agama Islam pada masanya.

###




 
Top