JAKARTA -- KPK menemukan adanya variasi modus dalam melakukan tindak pidana korupsi. Salah satunya mengajak orang terdekat, yakni keluarga.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat dalam sambutannya di rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi KPK di Prabumulih. Ia menyebut pelaku korupsi saat ini kolaborasi antara bapak dan anak serta suami dan istri.

"Modus korupsi yang terjadi pun semakin masuk dalam lingkaran terkecil masyarakat, yaitu keluarga. Ada seorang bapak melibatkan anaknya bersama-sama melakukan dan menyembunyikan hasil korupsi," kata Deputi Pendidikan dan Peran serta Masyarakat Wawan Wardiana dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9/2022).

Selain pihak keluarga, tambah Wawan, para pelaku korupsi bersekongkol dengan pihak yang dianggap dekat. Mereka di antaranya adalah sopir hingga asisten pribadi.

"Bahkan sekarang sudah melibatkan sopirnya, asisten pribadinya," ujar Wawan.

Wawan menyebut KPK telah menangkap sebanyak 1,462 orang sejak 2004 hingga 2021. Sayangnya, modus-modus korupsi semakin masuk ke lingkaran terkecil masyarakat.

"Dari sisi penindakan, sejak berdiri dari tahun 2004 hingga 2021, total 1462 orang ditangkap KPK terkait tindak pidana korupsi. Semakin lama, modus korupsi yang terjadi pun semakin masuk dalam lingkaran terkecil masyarakat," jelasnya.

Oleh sebab itu, Wawan menilai perlu adanya pendekatan lebih jauh yang melibatkan peran serta masyarakat hingga lingkup terkecil, yakni keluarga. Menurutnya, pemberantasan korupsi harus melibatkan seluruh pihak hingga semua lapisan usia.

"Melihat fenomena ini, KPK menilai perlu pendekatan lebih jauh melibatkan masyarakat hingga pada lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Upaya pemberantasan korupsi juga harus melibatkan semua lapisan usia dalam upaya pemberantasan korupsi," sebut Wawan.

Adapun Kota Prabumulih menjadi Kota Kedua yang disambangi Roadshow Bus Antikorupsi KPK 2022. KPK bakal melakukan rangkaian kegiatan paralel sepanjang hari pada 13-14 September 2022 di Taman Prabujaya, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Dalam kegiatan itu, KPK melakukan Pameran Pelayanan Publik, edukasi Antikorupsi bagi Pelajar TK/Paud hingga mahasiswa, serta pertunjukan film, seni musik, dan budaya.

#dtc/bin





 
Top