JAKARTA -- Lembaga Administrasi Negara kembali menyelenggarakan Festival Inovasi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan LIII di Graha Makarti Bhakti Nagari, ASN Corporate University, Kamis (1/9/2022). 

Dalam kesempatan itu Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed menyampaikan apresiasinya pada peserta PKN Tingkat I Angkatan LIII yang dinilai telah berhasil menampilkan hasil mengikuti rangkaian proses pembelajaran dan mampu menciptakan perubahan dalam tataran nasional.

Ia menyadari proyek perubahan yang hari ini ditampilkan baru berjalan selama 2 (dua) bulan, dan mungkin masih ada yang belum tuntas, namun hari ini hasilnya sudah dapat dilihat bersama dan kedepannya sudah dapat diprediksi inovasi ini akan dapat diwujudkan.

“Oleh karena itu, saat ini kita perlu “blow on your Trumpet” sebagai ungkapan selebrasi karena telah mampu menampilkan dan mengimplementasikan hasil gagasan dan ide sebagai sebuah inovasi perubahan strategis yang dampaknya dapat dirasakan secara nasional” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, sebagai seorang pemimpin kita perlu membangun “branding image” kepada publik atas capaian-capaian yang telah dilakukan pemerintah, tujuannya agar publik menjadi tahu kinerja pemerintah dan secara siultan membangu kepercayan masarakat terhadap pemerintah.

“Maka, festival inovasi ini menjadi salah satu upaya mewujudkan hal tersebut”, tandasnya.

Basseng juga menambahkan secara ekstrinsik, festival inovasi ini mengandung makna kontrak pemerintah dalam hal ini peserta PKN tingkat I angkatan LIII dengan masyarakat, untuk berkomitmen mengimplementasikan inovasi ini secara berkelanjutan sampai dengan jangka Panjang. Di harapkan setelah menyaksikan festival inovasi ini dapat menciptakan pemimpin baru lainnya, karena kegiatan ini dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain agar dapat melakukan perubahan serupa.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN, Dr. Caca Syahroni,S.I., M.Si dalaml laporannya menyampaikan penyelenggaraan festival inovasi ini merupakan kali kedua dilaksanakan secara luring atau klasikal pasca pandemi, dan setidaknya terdapat 41 booth yang merupakan hasil dari proyek perubahan peserta PKN Tingkat I angkatan LIII.

“Harapannya kegiatan festival inovasi ini dapat menarik banyak inspirasi dan terus berikhtiar untuk melanjutkan proyek perubahan yang telah digagas oleh peserta” tutupnya.

#rel/ede





 
Top