BANDUNG -- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Amerika dan Pasifik  berkunjung ke BIB Lembang. 

Kunjungan pada Rabu (7/9/2022) ini dilaksanakan dalam rangka pendalaman wawasan terkait peluang dan kerjasama pengembangan inseminasi buatan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas sapi perah nasional. Mengingat perlu adanya penambahan sekitar 1,2 juta ekor sapi perah untuk memenuhi kebutuhan produksi susu nasional (SSDN), untuk itu BIB Lembang sebagai produsen semen beku nasional siap menyediakan benih pejantan unggul untuk meningkatkan populasi ternak khususnya sapi perah FH.

Hari Nugroho selaku Koordinator Kelompok Substansi Kerjasama Ekonomi Pasifik, mengemukakan bahwa Saat ini sedang mendorong dairy academy merupakan program terkait sapi perah, persusuan, wisata edukasi/agrowisata, pelatihan, magang, penelitian, pemasaran dan lain sebagainya.

Program kerjasama Indonesia dengan New Zealand ini melibatkan kementerian teknis terkait seperti Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta perusahaan PT Fonterra Brand Indonesia New Zealand.

Dengan penjajakan kerjasama ini tidak menutup kemungkinan potensi kerjasama dengan kemitraan persusuan baik dalam maupun luar negeri.

#rel/bin






 
Top