KOTABEKASI, JABAR -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menutup sementara Jalan Pangkalan 1 A-Vila Nusa Indah karena ada pekerjaan pembangunan turap. 

Sebagai referensi, "turap" atau sering disebut juga sebagai retaining wall merupakan sebuah struktur berupa dinding yang dibuat untuk menahan pergeseran lateral tanah. Pergeseran lateral tanah bisa terjadi karena adanya perubahan elevasi tanah yang melebihi sudut istirahat dari tanah tersebut.

Selain adanya pembangunan turap, jalan tersebut ditutup karena dianggap membahayakan lantaran terdapat longsor parah.

“Melihat kondisi jalan pangkalan 1A yang dapat membahayakan pengguna jalan, akan segera ditutup,” demikian informasi dari Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Idi Sutanto, mengatakan, perbaikan turap longsor sudah dimulai. Targetnya sampai dengan akhir tahun selesai.

“Konstruksi penurapan dengan cara bored pile,” ujarnya melalui keterangan resminya, Kamis (29/9/2022). 

Sebagai referensi, bored pile adalah jenis pondasi dalam yang umum digunakan pada bangunan vertikal dengan lapisan lantai yang jumlahnya cukup banyak. Bored pile merupakan sebuah pondasi yang berbentuk layaknya tabung panjang dan ditancapkan ke dalam tana

Kepala Seksi Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Maikel Alcosta, mengungkapkan, turap longsor sejak tahun lalu. Adapun realisasi perbaikan tahun ini menyesuaikan anggaran.

“Sekarang dalam proses perbaikan turap dan jalan,” ucapnya.

Untuk turap sendiri, kata Maikel, sepanjang 120meter dan untuk jalan akan dikerjakan mulai dari depan Jalan Pangkalan 1 hingga jembatan Villa Nusa Indah hampir dua kilometer. Total anggaran sekitar Rp 9 miliar.

#dap/ede





 
Top