MAROS, SULSEL -- Seorang wanita pendaki, Eva (24), hilang misterius di Gunung Abbo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), tak lama usai pamit buang air kecil (pipis-red). Sekitar 100 orang yang tergabung dalam SAR gabungan kini terus mencari korban.

"Kita sudah memasuki pencarian hari kedua setelah laporan kita terima Senin (7/6) siang kemarin," kata Dantim Basarnas Makassar Dadang Tarkas saat dikonfirmasi awak media, Selasa (8/6/2021).

Eva diketahui mendaki bersama 10 rekannya sesama mahasiswa di Gunung Abbo, Kelurahan Leang-leang, Kabupaten Maros, Sulsel, sejak Minggu (6/6/2021). Sebelum dilaporkan hilang, korban awalnya pamit untuk pipis.

"Dia buang air kecil di sungai. Tapi sungainya itu tidak besar airnya, sampai mata kaki. Tapi tidak rata, ada yang dalam ada yang dangkal. Jadi karena perempuan, dia mau buang air kecil dia bawa gayung, berlindung di (sebuah) batu itu," ujar Dadang.

Namun berselang 5 menit kemudian, korban tak kunjung kembali. Sejumlah rekan-rekan korban kemudian mendatangi tempat korban buang air kecil.

"Temannya ini menyusul cari dia. Sampai di batu itu Eva-nya sudah tidak ada, yang ada cuma sendal jepitnya," beber Dadang.

Dadang mengungkapkan pihaknya telah melakukan pemetaan. Di dekat sungai, ada sebuah jalan setapak yang bermuara ke dua desa terdekat, yakni Desa Panaikang dan Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Maros. Ada kemungkinan korban menyusuri jalur setapak tersebut.

"Kita sudah infokan ke warga sekitar apabila menemukan korban dengan ciri-ciri pakai kerudung kuning agar menginfokan kepada petugas SAR," beber Dadang.

Saat disinggung soal kemungkinan korban tenggelam di sungai, Dadang ragu karena sungai tempat korban buang air kecil dangkal. Tapi dia mengaku tetap mendalami kemungkinan tersebut.

"Artinya tetap kita memperhatikan segala kemungkinan, kita juga floating petugas di pinggiran sungai, siapa tahu dia ada di situ," katanya.

#dtc/oel






 
Top