AMSTERDAM -- Penggunaan masker sebagian besar tidak akan diharuskan lagi di Belanda dan pembatasan lainnya akan dilonggarkan mulai pekan depan, setelah terjadi penurunan kasus Covid-19. Demikian diungkapkan Perdana Menteri Mark Rutte dalam konferensi pers, Jumat (18/6/2021).

Sebagian besar pembatasan kapasitas juga akan dihapus mulai 26 Juni, selama masyarakat dapat menjaga jarak setidaknya 1,5 meter.

"Ini momen istimewa," ucap Rutte. 

"Sering saya berdiri di sini untuk mengatakan kepada Anda apa yang tidak dapat Anda lakukan. Namun sekarang kita dapat berfokus pada apa yang mungkin."

Tidak ada batasan baru yang ditetapkan untuk jumlah tamu di toko, bar dan restoran, kata Rutte, selama mereka bisa menjaga jarak aman, atau menunjukkan bahwa mereka telah divaksin atau hasil tesnya negatif.

"Kami dapat mengharapkan musim panas yang indah", katanya. 

"Namun kita masih perlu waspada. Banyak terdapat ketidakpastian menjelang musim gugur. Anda setiap saat bisa ditikam dari belakang oleh varian baru."

Masyarakat masih perlu menggunakan masker di angkutan umum dan di bandara, di mana aturan menjaga jarak tidak memungkinkan.

Infeksi Covid-19 di Belanda menyentuh level terendah selama sembilan bulan dalam beberapa hari belakangan saat laju vaksinasi dipercepat.

Awal Juni otoritas mengizinkan bar dan restoran kembali beroperasi.

#ant/jrx




 
Top