PADANG -- Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III bagi pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat resmi berakhir.

Pelatihan yang dimulai sejak 1 Maret 2021 sampai dengan 17 Juni 2021, itu ditutup secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM)  Provinsi Sumatera Barat, Jefrinal Arifin, Kamis (17/6/2021).

"Atas nama BPSDM Provinsi Sumatera Barat, saya mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang telah selesai mengikuti PKA Angkatan III Pola Kontribusi, bagi pejabat administrator di lingkungan Pemerintah kabupaten dan kota di Sumatera Barat, dan telah dinyatakan lulus. Semoga ini berdampak kedepannya untuk meningkatkan kinerja bapak-ibu sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing," ucap Jefrinal Arifin sewaktu menutup kegiatan tersebut di Aula BPSDM Indarung Padang Besi.

Jefrinal mengatakan, melalui pelatihan ini Pemerintah ingin menciptakan kompetensi Aparatur Sipil Negara ASN) agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara benar dengan berbagai kreativitas serta inovasi demi memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Sebagaimana terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2007 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 203 Ayat 3 dan Ayat 4, bahwa setiap PNS memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk diikutsertakan dalam pengembangan kompetensi dengan memperhatikan hasil penilaian kerja.

"Substansi dalam pelatihan ini adalah guna meningkatkan kesadaran kita untuk dapat memproyeksikan diri dalam pengembangan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan bagi pelaksanaan pembangunan daerah secara menyeluruh, sekaligus peningkatan pelayanan publik seiring perkembangan dinamika masyarakat saat ini," imbuhnya.

"Terakhir, kami ucapkan selamat kepada bapak ibu semua, yang telah lulus Diklat PIM III. Kepada bapak ibuk diharapkan untuk terus menjalin silaturahim serta jejaring kerja yang baik dan tetap konsisten melaksanakan aksi perubahan yang telah dilakukan," pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Latihan PIM III, Khairanti Khairanas mengatakan, bahwa peserta Diklat PIM III berjumlah sebanyak 40 orang yang berasal dari 7 kabupaten kota di Sumatera Barat.

Dengan rincian, Kota Padang sebanyak 20 orang, Kabupaten 50 Kota 5 orang, Kota Payakumbuh 5 orang, Kabupaten Sijunjung 4 orang, Kota Solok 3 orang 6, Kabupaten Solok Selatan 2 orang dan Kepulauan Mentawai 1 orang.

Adapun terbaik I dalam PKA Angkatan III diraih oleh Fauzan Ibnovi, dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, terbaik II dari Bappeda Kabupaten Sijunjung atas nama Harry Oscar Hidayat, terbaik III Yulia Masna dari DPPKBP3A Kabupaten 50 kota, Terbaik IV Bobby Firman dari kantor Camat Lubuk Kilangan Kota Padang, Terbaik V sebanyak dua orang dikarenakan nilai mereka sama yakni, Budi Kurniawan dari Sekretariat Daerah Kota Padang dan Jono Antonius dari Bappeda Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Padang Amrizal Rengganis, yang juga merupakan salah satu peserta PKA Angkatan III tersebut   mengatakan, bahwa ia dan teman-teman seangkatannya bersyukur dan senang atas kelulusan yang mereka terima.

"Alhamdulillah 20 orang peserta PKA III dari Pemko Padang lulus semua, demikian juga kawan-kawan peserta dari kabupaten/kota lain di Sumbar. Total ada 40 orang peserta," ucap Rengga.

"Tentunya kami sangat senang, bersyukur dan bangga bisa menyelesaikan kegiatan PKA ini, setelah berlangsung 4 bulan lamanya sejak Maret dan berakhir 17 Juni ini," ujarnya mengakhiri.

#prokompim






 
Top