PADANG -- Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumbar kini memiliki sebuah kapal baru. Kapal tersebut didapat dari Korpolairud Mabes Polri yang dipergunakan untuk tugas perairan di wilayah Sumbar. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH pada Selasa (22/6/2021) kemarin, memimpin peresmian pengoperasian kapal tersebut. Ditandai dengan pemecahan kendi ke badan kapal oleh Kapolda yang disaksikan oleh Pejabat Utama Polda Sumbar dan Kapolres sejajaran. 

Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M. Hasibuan, SIK, MH melalui Kabag Binopsnal AKBP Febrialta mengatakan, kapal tersebut merupakan kapal cepat jenis pemburu yang diberi nama KM Mandeh III 2006.

"Kapal tersebut digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengamanan laut di wilayah Sumbar. Spesifikasi teknisnya lebih unggul dari kapal-kapal yang ada dimiliki Ditpolairud Polda Sumbar sebelumnya, dimana mesinnya memiliki 4 x 300 HP (horse power)," katanya.

Dengan kehadiran kapal cepat ini, nantinya  akan semakin membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kepada masyarakat di wilayah perairan Provinsi Sumatera Barat. 

"Menciptakan wilayah laut yang kondusif dan aman, guna mengantisipasi dari ancaman dan gangguan kamtibmas di perairan Sumbar," ujarnya. 

Hal ini katanya, disebabkan kecepatan dari kapal baru tersebut yang dapat dengan mudah mencapai sasaran yang dituju saat melakukan kegiatan kepolisian. 

"Yang terpenting, keberadaan kapal tersebut dapat untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan kejahatan di laut," pungkasnya.

#BidhumasPoldaSumbar






 
Top