MEDAN -- Citra Polrestabes Medan kini tercoreng akibat ulah seorang oknum polwan berpangkat Bripka dengan inisial Bripka LA. Ia kedapatan telah melakukan kecurangan dengan menjadi calo calon siswa (casis) Bintara Polri.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi belum memberikan banyak keterangan terkait terungkapnya aksi sang polwan.

“Untuk lebih jelasnya, nanti akan dirilis Bapak Kapolda,” ujar Hadi Wahyudi, Rabu (16/6/2021).

Hadi hanya mengungkapkan bahwa pihak Bidpropam Polda Sumut telah melakukan penangkapan terhadap Bripka LA.

Berdasarkan hasil penyelidikan, modus Bripka LA yakni merekrut 28 casis Bintara dengan imbalan uang.

Kemudian ia menggunakan joki yang berasal dari luar Sumut seperti Jakarta dan Bandung untuk menggantikan casis saat ujian agar bisa lolos.

Pihak Bidpropam Polda Sumut sendiri meyakini adanya kemungkinan bahwa Bripka LA telah melakukan aksi curang tersebut selama bertahun-tahun

Aksi curang Bripka LA terungkap setelah adanya keluhan terkait adanya kecurangan dalam pendaftaran casis Bintara Polri TA 2021. Pasalnya seorang casis melaporkan adanya casis lain yang tidak pernah mengikuti tes, namun tiba-tiba ikut ujian akademik.

Bidpropam Polda Sumut gerak cepat menindaklanjut laporan casis yang mengendus adanya kecurangan tersebut. Dimulai dengan bergerak menginventarisir nama para casis yang dicurigai kemudian menemukan beberapa kejanggalan.

Selanjutnya petugas mengamankan beberapa casis, hingga berdasarkan keterangan mereka, muncul nama Bripka LA.

Setelah cukup bukti-bukti berikut keterangan para saksi, petugas dari Propam Polda Sumut lantas menangkap dan menahan Bripka LA.

#nesiatimes





 
Top