PADANG -- Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar) Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH beserta istri Ny. Yesika Toni mendapatkan penghargaan gelar "Sangsako" dari Niniak Mamak Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan Kec. X Koto Kabupaten Tanah Datar. 

Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto dilewakan gala "Tuanku Rajo Sinaro Basa", sedang istrinya "Rangkayo Siti aminah". Prosesi malewakan gala sasangko ini dilaksanakan di GOR Nagari Paninjauan Kec. X Koto, Senin (28/6/2021).

Pemberian gelar ini, merupakan  penghargaan atas jasa-jasa Kapolda sebagai seorang pemimpin masyarakat, atas perhatian terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat umumnya Sumatera Barat, khususnya Nagari Paninjauan Tanah Datar.

Prosesi malewakan gala ini adalah salah satu bentuk kelestarian adat istiadat Nagari Paninjauan (minangkabau), yang melambangkan musyawarah dan mufakat Ninik Mamak urang Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan. 

Dalam mengambil sebuah keputusan penting, dengan melalui musyawarah dan mempertimbangkan dengan secara bersama sama. Ibarat pepatah "Bulek lah buliah digolongkan, Picak lah buliah di layangkan".

Gala sangsako ini adalah gelar penghormatan dari kaum Paninjauan, kepada seseorang yang telah dinilai sangat bijaksana dalam bersikap.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Datuak Marajo dan beberapa Bupati dan Walikota, Pejabat dari Polda Sumbar serta para petinggi Adat dan tokoh masyarakat Nagari Paninjauan.

Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Paninjuan, Zulfahmi Dt Sampono Katik, menerangkan, gelar ini dijunjungkan kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, dikarenakan selama pelaksanaan tugasnya mereka nilai sangat berjasa kepada masyarakat.

"Beliau sangat peduli terhadap masyarakatnya, serta adil dalam menegakkan hukum yang berlaku. Serta memberikan contoh teladan yang baik kepada masyarakat Sumatera Barat," katanya.

Dikatakan, gelar Sangsako yang diberikan kepada Irjen Pol Toni Harmanto beserta istrinya, memiliki makna yang tinggi. 

"Gelar Tuanku Rajo Sinaro memiliki arti seorang raja atau pemimpin yang selalu bercahaya dan bersinar, berjiwa besar. Sedangkan Siti Aminah yang bermakna memiliki sifat kemuliaaan dan kesantunan layaknya ibunda Nabi Muhammad SAW sebagai contoh yang sangat baik bagi masyarakatnya," pungkasnya. 

#DivhumasPoldaSumbar






 
Top