PADANG -- Peristiwa orang hanyut dilaporkan terjadi di objek wisata Pasir Jambak RT 03 RW 07 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Padang, pada Kamis (26/8/2021). Korban berjumlah tiga orang, seorang ayah dan dua putranya.

Hingga pagi hari ini (Jumat, 27/8/2021), korban bernama Sabri (9) belum diketemukan. Tim Basarnas dengan dibantu anggota Karang Taruna Pasie Nan Tigo dan pemuda Pasir Jambak masih berupaya menemukan keberadaan bocah malang tersebut.

Sementara ayahnya, Luki (41) dilaporkan meninggal dunia setelah sempat berhasil dievakuasi oleh warga dan dilarikan ke  Puskesmas Lubuk Buaya. Satu korban selamat bernama Sakti (11) juga merupakan abang dari korban Luki. Sakti berhasil divakuasi berbarengan dengan sang ayah yang akhirnya menghembuskan nafas terakhir sesampai puskesmas. 

Polsek Koto Tangah melalui Kasubag Humas Polresta Padang Ipda Adha Tawar dalam keterangannya kepada awak media di Padang, Kamis (26/8/2021) kemarin, memaparkan bahwa kejadian berawal dari korban Luki bersama istri dan anak-anaknya pergi rekreasi ke Pantai Pasir Jambak, sesampai disana Luki mandi laut bersama dengan dua orang anaknya Sabri dan Sakti, sedangkan istri Luki duduk di sebuah pondok pinggir pantai.

"Keterangan dari saksi Man sekira 15 menit saat ketiga orang tersebut mandi-mandi di laut, dari warungnya yang hanya berjarak 20 meter dari bibir pantai ia melihat korban Luki, Sabri dan Sakti sedang diseret arus air laut. Lalu sambil berteriak minta tolong kepada warga yang lain, Man menceburkan dirinya ke dalam laut dan warga yang mendengar teriakan Man juga ikut mencebur untuk menolong ketiga korban," jelas Adha Tawar.

Man berhasil menyelamatkan korban Sakti dan langsung membawa Sakti ke Puskesmas Lubuk Buaya untuk mendapatkan pertolongan selanjutnya.

Sedangkan korban Luki dan Sabri tidak berhasil diselamatkan oleh warga lain. Saksi Budi melihat peristiwa tersebut langsung menghubung Bhabin Khamtibmas setempar, sementaemra saksi Yose menghubungi Tim SAR.

"Sekira pukul 17.00 WIB Tim Basarnas datang ke TKP, selanjutnya dilakukan pencarian dan sekira pukul 17.25 Wib Tim Sar yang dibantu warga berhasil menemukan korban Luki dan langsung dibawa ke Puskesmas Lubuk Buaya menggunakan ambulance PMI Padang," ujar Adha.

"Informasi dari Ketua Tim PMI, sesampainya di puskesmas menurut pemeriksaan dokter korban Luki sudah meninggal dunia dan selanjutnya dibawa ke rumah duka," ujar Adha lagi.

Hingga berita ini diturunkan satu orang korban bernama Sabri masih belum ditemukan. Tim Basarnas melanjutkan pencarian mulai pukul 07.00 WIB hari ini dengan dibantu oleh anggota Karang Taruna Pasie Nan Tigo dan Pemuda Pasir Jambak.

(red/adf)





 
Top