Foto kiri: Hajjah Elly Kasim berpose bareng kerabat dekat yang masih jalan "kamanakan", "minantu" dan cucu beliau pada sebuah kesempatan di Jakarta.

JAKARTA -- Indonesia kehilangan sosok biduanita melegenda asal Ranah Minang. Hajjah Elly Kasim, pelantun tembang sohor "Ayam Den Lapeh" dikabarkan meninggal dunia pada dinihari tadi (Rabu, 25/8/2021) sekira pukul 03.48 WIB di RS MMC Kuningan, Jakarta Selatan. 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Al fatihah. Musisi Legenda dan Pahlawan Budaya Indonesia yang kami cintai. Elly Kasim binti Ali Umar. Pada hari Rabu tanggal 25 Agustus 2021, Pukul. 3:48 pagi di RS. MMC - Kuningan," demikian bunyi pesan singkat warganet di banyak media sosial.

Hingga berita ini diturunkan, belum didapat kabar lanjut pasti apa penyebab Elly Kasim tutup usia. Seiring pemberitaan ihwal wafatnya "Bundo Kanduang Kebanggaan Ranah Minang" yang juga akrab disapa "Cik Uniang" tersebut, akun Instagram @EllyKasim terus dibanjiri ucapan duka dari warganet. 

"Selamat jalan Bunda Elly Kasim. Sangat banyak memberi pelajaran buat kita semua, semangat kerja, seni dan ilmu-ilmu yang diberikan, semoga menjadi catatan amal soleh buat beliau, Allahumagfirlaha warhamha waafi wafuanha," komentar warganet

"Selamat jalan bundo, semoga ditempatkan disisiNya.. keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," timpal noviarukmana1109.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun, selamat jalan bundo Elly," komentar aditah23.

"Selamat jalan nenek Elly semoga Husnul. Khotimah temen kakek nya mimin dan idola nenek Mimin," komentar viranikita_fens_.

Selain sebagai penyanyi, Elly Kasim belakangan sibuk dengan usaha di bidang Wedding Organizer. Dia bahkan sempat terlibat di pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora untuk acara adatnya beberapa waktu lalu.

Elly Kasim lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatra Barat, 27 September 1944 kini berusia 76 tahun ia merupakan seorang penyanyi lagu-lagu Minang.

Sampai saat ini sang legenda ini telah merilis kurang lebih 100 buah album solo. 

Dia merupakan penyanyi wanita Minang, talenta yang melegenda, dimana ratusan karya serta tembang-tembang hits yang ia lantunkan pada zamannya tetap akrab di telinga rakyat Indonesia khususnya masyarakat Minang, dalam dan luar negeri.

Pada Tahun 2017 menginjak usia ke-73, sang legenda ini pernah mempersembahkan sebuah konser bertajuk “Menjulang Bintang, 57 Tahun Elly Kasim Berdendang” yang diselenggarakan di Teater Jakarta ,Taman Ismail Marzuki, pada tanggal 29 Juli 2017. Iven kolosal tersebut menghadirkan Titiek Puspa, Be3, Judika dan Rancak Voice, dengan tim kreatif; Rama Soeprapto sebagai Artistic Director, Tom Ibnur sebagai Koreografer dan Hendri Lamiri sebagai Music Director.

Sementara itu, di jejaring sosial Whats'App (WA) hingga saat ini secara sambung menyambung kabar duka ihwal berpulangnya Elly Kasim beredar.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ 


اللهم اغفر لها وارحمها

 وعافها واعف عنها، اللهم أدخلها الجنة وأعذها من عذاب القبر ومن عذاب النار 


Telah Meninggal Uni Elly Kasim kesayangan kita semua😭😭😭😭😭😭

Pagi ini.

" Ya Allah  , ampunilah , rahmatilah dia  selamatkanlah dia dan maafkanlah dia, 

Ya Allah karuniakanlah dia surga dan selamatkanlah dia dari azab kubur dan azab neraka  

*Aamiiin Yaa Rabbal Aalaamin*😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

====

Innalillahi Wainnailaihi rojiun.. 

Telah berpulang ke haribaan illahi 

Mama, Enma, Kakak, Adik, Sahabat 

Yang kami cintai 


Elly Kasim binti Ali Umar


Pada hari Rabu tgl.25 Agustus 2021

Pkl. 3:48 pagi di RS. MMC - Kuningan 


Kiranya dapat dibukakan pintu maaf yang seluas luasnya atas khilaf dan tutur kata semasa beliau hidup. 

Semoga amal ibadah enma diterima disisi Allah SWT, diluaskan dan diterangkan kuburnya dan pergi dalam husnul khotimah. 

Selamat jalan Enma Elly Kasim .. semoga Husnul khotimah... 

Allahumaghfirlaha warhamhaa wa'afiihaa wa'fuanhaa.. 🙏🙏

Aamiin aamiin aamiin yra.

😭😭


Ungkapan dukacita dan amat sangat kehilangan tak terbendung datang dari warganet dan rakyat Indonesia dimana saja berada, seiring langkah sang legenda kembali ke haribaan-Nya. 

Selamat jalan "Cik Uniang", "Bundo" Elly, semoga husnul khatimah, karyamu abadi sepanjang masa.

#red






 
Top