JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap sejumlah kapolda hingga kapolres berdasarkan surat telegram nomor ST/1701/VIII/KEP2021.

Surat telegram tersebut ditandatangani oleh Asisten SDM, Kapolri Irjen Pol Wahyu Widada pada 25 Agustus 2021.

"Ya, benar," kata Karopenmas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi, Rabu (25/8/2021).

Sejumlah kapolda yang dimutasi antara lain Irjen Pol Abdul Rakhman Baso dari jabatan Kapolda Sulawesi Tengah menjadi Pati Korbrimob Polri dalam rangka pensiun.

Jabatan Kapolda Sulawesi Tengah lantas diisi oleh Irjen Rudy Sufahriadi yang sebelumnya Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sepim Lemdiklat Polri.

Lalu, Irjen Pol Eko Indra Heri yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Selatan dimutasi menjadi Karosahli Kapolri.

Irjen Toni Harmanto didapuk menggantikan Eko untuk menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Jabatan Toni sebagai Kapolda Sumatera Barat lalu digantikan oleh Irjen Teddy Minahasa Putra.

Mutasi Kapolres

Di tingkat kapolres, ada AKBP Ari Wibowo yang dipindahtugaskan dari Kapolres Semarang menjadi Kapolres Pemalang.

Jabatan yang ditinggalkan Ari diisi oleh AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya yang sebelumnya menjabat Kasubbagkatpa Madya Bidang Dokpol Pusdokkes Polri.

Kemudian AKBP Ali Wardana sebagai Kapolres Purwakarta digantikan oleh AKBP Suhardi Hery Haryanto. Ali dimutasi menjadi Kasubbaglekdikbangpes Iptek Baglekdik Rodalpers SSDM Polri.

Jabatan Kapolres Gresik yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Arief Fitrianto, kini diduduki oleh AKBP Mochamad Nur Azis

Lalu, jabatan yang ditinggalkan Nur yakni Kapolres Ponorogo, kini diisi oleh AKBP Catur Cahyono Wibowo.

Kemudian posisi Kapolres Batu dijabat oleh AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbidpenmas Bidhumas Polda Metro Jaya.

Masih dalam surat telegram, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang dimutasi menjadi Kapolres Pelabuhan Belawan. Lalu, AKBP Rocky Hasuhunan Marpaung juga dimutasi untuk mengisi posisi Kapolres Pak Pak Barat.

Kapolres Binjai kini diisi oleh AKBP Ferio Sano Ginting serta AKBP Wahyudi Rahman dimutasi menjadi Kapolres Dairi.

Kemudian, jabatan Kapolres Bangka Tengah diduduki oleh AKBP Moch. Risya Mustario dan Kapolres Cimahi dijabat oleh AKBP Imron Ermawan.

Posisi yang ditinggalkan Imron yakni Kapolres Cirebon Kota kini dijabat oleh AKBP M. Fahri Anggia Natua Siregar.

Jabatan Kapolres Cilacap diduduki oleh AKBP Eko Widiantoro. Sedangkan posisi yang ditinggalkan Eko yakni Kapolres Aceh Timur diisi oleh AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat.

Posisi Kapolres Aceh Tengah yang ditinggalkan Mahmun kemudian dijabat oleh AKBP Nurochman Nulhakim.

Selanjutnya, Kapolres Batang dijabat oleh AKBP Mochammad Irwan Susanto dan Kapolres Pekalongan diduduki oleh AKBP Wahyu Rohadi.

AKBP Apip Ginanjar yang sebelumnya menjabat Kapolres Pamekasan didapuk dalam jabatan baru sebagai Kapolres Mojokerto. Sedangkan posisi yang ditinggalkan Apip diisi oleh AKBP Rogib Triyanto.

Kemudian, AKBP Jimmy Tana dimutasi menjadi Kapolres Nganjuk dan AKBP Yosep Krisbiyanto dimutasi menjadi Kapolres Belu.

Terakhir, AKBP Sigit Harimbawan didapuk menjadi Kapolres Sumba Barat Days menggantikan AKBP Joseph F.H. Mandagi yang dimutasi ke Wadirsamapta Polda NTT.

#cnn/dis/pmg







 
Top