JAKARTA -- Partai NasDem menginginkan penentuan calon wakil presiden untuk Anies Baswedan diputuskan setelah melihat calon presiden dan calon wakil presiden dari koalisi lawan.

Menurut Ketua DPP NasDem Willy Aditya, saat ini yang paling penting adalah sosok capres terlebih dahulu.

"NasDem sekali lagi yang penting capresnya dulu, masalah cawapres kita masih menunggu lawan tanding, kemudian terus menerus kami dalami," ujar Willy dalam acara Political Show CNN Indonesia TV, Selasa (1/11/2022).

Willy pun mengatakan NasDem, PKS dan Demokrat sudah sepakat bahwa cawapres Anies nantinya harus memenuhi tiga kriteria, yaitu bisa menaikkan elektabilitas, menyolidkan partai dan memiliki kapasitas.

"Terkait dengan cawapres kita sudah bersepakat soal kriteria sejauh ini, yang pertama memiliki daya ungkit, kedua tentu mampu menyolidkan partai, ketiga tentu memiliki kapasitas," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara PKS M Kholid mengklaim cawapres dari PKS telah mengerucut ke Ahmad Heryawan (Aher).

Sementara Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra memilih memberi pernyataan diplomatis. Menurut Herzaky, ketiga partai berjuang untuk membawa perubahan dan perbaikan. Karena itu, Demokrat, PKS dan NasDem akan menghitung dengan cermat soal cawapres untuk Anies.

"Kami ini bertiga berjuang untuk perubahan dan perbaikan, continuity and change, sehingga kami harus hitung benar gitu. Jangan sampai ada faktor yang terlewat. Kami kan ingin menang, bukan hanya ingin bersama. Kami bertiga ini ingin menang," tegasnya.

Diketahui, Demokrat, PKS dan NasDem tengah menjajaki koalisi untuk Pemilu dan Pilpres 2024. Saat ini, NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Namun, ketiga partai belum secara resmi mendeklarasikan koalisi dan saat ini tengah membahas soal cawapres untuk Anies.

#cnn/ede




 
Top