BEKASI, JABAR -- Terjadi insiden pohon tumbang yang menimpa sebuah bus berisi rombongan relawan Nusantara Bersatu di Jalan Cendrawasih Raya, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (26/11/2022) siang tadi.

Seorang penumpang bernama Irfan (31) menjelaskan bus tersebut berisi 25 orang penumpang yang mayoritas merupakan ibu-ibu.

"Ada 25 orang di dalam, 20 ibu-ibu dan 5 orang laki-laki. Tadi habis dari acara di GBK. Saya enggak paham acaranya apa. Tapi tadi sih ada dangdutan gitu. Relawan Jokowi," ungkap Ifan saat ditemui di lokasi.

Bus tersebut kemudian bertolak dari GBK menuju Perumnas 1 untuk mengantarkan kembali para relawan pulang ke rumahnya masing-masing.

Rombongan kemudian tiba di Perumnas 1 sekira pukul 14.00 WIB, di mana kala itu terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang.

"Posisi bus lagi berhenti karena mau nurunin penumpang, semua ibu-ibunya kan memang warga sini. Karena hujan deras, kami berhenti di sebelah lapak yang ada tendanya biar pada enggak kehujanan," katanya.

Tak lama kemudian, secara perlahan pohon setinggi kurang lebih 30 meter yang terletak di seberang jalan, terjatuh menimpa bagian atas bus.

Ibu-ibu pun panik lantaran terjadi benturan cukup keras hingga menyebabkan badan bus bergoyang.

"Untung pohon jatuhnya pelan. Jadi cuma ngegoyang aja busnya. Enggak sampai keras nimpanya," ujar Ifan.

Ifan menduga para penumpang terselamatkan karena terdapat kabel jaringan telekomunikasi yang melintang di antara dua batang pohon.

Kabel tersebut menahan laju pohon ketika tumbang sehingga benturan yang terjadi tak mengakibatkan kerusakan parah.

"Kayaknya gara-gara di tengah pohon itu ada kabel, jadi ketahan kabel pas jatuh. Enggak ada korban jiwa. Cuma pada shock aja dikit. Emang ini pohon umurnya 50 tahunan mah ada. Pas pohon sudah tinggi, petugasnya narik kabel di tengah-tengah dua batang pohon itu,"katanya.

#wkt/abs





 
Top