MUAROJAMBI, JAMBI -- Desa Muaro Sebapo, Muaro Jambi, terimbas proyek tol Betung-Tempino, Jambi. Sebagian warga mendapat ganti untung karena lahan terdampak proyek, jadi kaya mendadak.

"Ada yang jadi jutawan ada juga yang miliarder," kata Kepala Desa Muaro Sebapo, Wahyu Aditya, Minggu (16/7/2023).

Berdasarkan data, nominal terkecil yang diterima warga sebesar Rp 3 juta. Namun ada juga yang mendapatkan Rp 19,5 miliar. Total sekitar 150-an orang mendapatkan ganti untung proyek tol yang saat ini memasuki tahap land clearing (pembebasan lahan).

Informasi yang diterima Wahyu, banyak warga berangkat umrah atau mendaftar haji usai menerima uang ganti untung. Mereka juga membeli lahan lagi, bangun rumah, dan lain-lain.

"Ya alhamdulillah lah ya, ternyata banyak yang bijak dalam mengelola keuangan," kata Wahyu.

Ruas Betung-Tempino sepanjang 15,47 kilometer adalah bagian dari proyek tol Jambi-Betung. Menurut Camat Mestong, Helmi Saputra, ada dua desa yang terimbas, yakni Muaro Sebapo dan Sungai Landai.

"Desa Sungai Landai yang pertama dilakukan pembayaran ganti untung," ungkap Helmi.

Lahan warga yang terimbas di antaranya perkebunan dan rumah. Juga ada fasilitas umum seperti sekolah, makam dan musala. 

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto mendorong pemerintah menyelesaikan pembebasan lahan fasilitas umum.

"Alhamdulillah pembebasan lahan di masyarakat itu sudah 96 persen. Tinggal 4 persen yang belum selesai. Terkait dengan fasilitas umum ada pemakaman, sekolah, maka memang kita dorong untuk dilakukan percepatan pembebasan," ujar Edi.

#dtc/tik






 
Top