PADANG -- Universitas Negeri Padang (UNP) telah mengukuhkan 9 orang guru besar. Pengukuhan secara resmi dilakukan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, dalam Sidang Terbuka Pengukuhan Guru Besar, bertempat di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Senin (17/7/2023).

Pada periode berikutnya akan dikukuhkan sebanyak delapan orang dosen lagi sebagai guru besar. Tiga di antaranya telah mengantongi SK, selebihnya sedang berproses. 

"Kesembilan orang guru besar yang dikukuhkan diharapkan dapat mengembangkan inovasi sesuai bidang keilmuannya untuk meningkatkan dan mengembangkan Universitas Negeri Padang menjadi universitas berkelas dunia," ujar Prof. Ganefri dalam sambutannya. 

Lebih lanjut kata Rektor UNP tersebut guru besar mempunyai kemampuan keilmuan yang tinggi sesuai bidang ilmunya dan mempunyai moralitas yang lurus dan merupakan etalase perguruan tinggi sehingga kualitas perguruan tinggi dapat dilihat melalui eksistensi guru besar.

Secara bergilir, sembilan guru besar menyampaikan orasi ilmiah masing-masing. 

Prof. Dr. Syahrastani, M.Kes. guru besar Fakultas Ilmu Keolahragaan menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Smart Application Smart Learning, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Renang Mahasiswa pada Pendidikan Olahraga".

Prof. Dr. Fahmi Rizal, M.Pd., M.T. guru besar Fakultas Teknik menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Pendekatan Penilaian yang Lebih Akurat dan Adil bagi Peserta Didik Indonesia".

Prof. Indrayuda, S.Pd., M.Pd., Ph.D. guru besar Fakultas Bahasa dan Seni menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Siasat Adaptasi dan Kompromi Suatu Cara Reeksistensi terhadap Degradasi Seni Pertunjukan".

Prof. Dr. Isnarmi, M.Pd., M.A. guru besar Fakultas Ilmu Sosial menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Pendidikan Multikultural Transformatif Menggali Kekayaan Global dalam Kearifan Lokal".

Prof. Perengki Susanto, S.E., M.Sc. guru besar Fakultas Ekonomi menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Berorientasi Kewirausahaan di Era Teknologi Digital".

Prof. Dr. Siti Fatimah, M.Hum. guru besar Fakultas Ilmu Sosial menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Historiografi Indonesia dalam Kajian Sejarah Kritis: Studi Kawasan Wisata Mandeh".

Prof. Dr. Darmansyah, S.T., M.Pd. guru besar Fakultas Ilmu Pendidikan menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Archerys id Model: Desain Pembelajaran Motivasional Berkarakter Moral Etika dan Kinerja sebagai Upaya Mengatasi Kecurangan Akademik di Era Digital".

Prof. Drs. Hendri, M.T., Ph.D. guru besar Fakultas Teknik menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Pengembangan D-statcom untuk Mitigasi Voltage Sag".

Prof. Dra. Ernawati, M.Pd., Ph.D. guru besar Fakultas Pariwisata dan Perhotelan menyampaikan orasi ilmiahnya dengan judul "Tantangan Pendidikan Tata Busana di Era Revolusi Industri 4.0: Kajian Empiris Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetisi Mahasiswa". 

#ert/ede







 
Top