JOMBANG, JATIM -- Kecelakaan kereta api (KA) terjadi di perlintasan tak berpalang Dusun Gondekan, Desa Jabon, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Sabtu (29/7/2023) sekitar pukul 23.14 WIB. Sebuah mobil MPV Daihatsu Luxio L-1009-XD yang membawa satu keluarga disambar oleh Kereta Api DHOHO Loko CC2017707.

Peristiwa tragis ini mengakibatkan enam orang meninggal dunia dan dua orang mengalami luka berat. Mobil yang terlibat dalam kecelakaan mengalami kerusakan yang parah karena terseret sekitar 100 meter akibat tabrakan tersebut.

Irawan (35), seorang warga setempat dan saksi mata, mengungkapkan detik-detik mengerikan itu.

Mobil dikemudikan oleh Wahyu Kuspoyo (42), warga Dusun Ciro Wetan, Desa Bakung Temenggungan, Kecamatan Balengbendo, Kabupaten Sidoarjo. Delapan orang termasuk sopir berada dalam mobil tersebut, semuanya merupakan satu keluarga.

Kejadian nahas ini berawal saat mobil melaju dari utara ke selatan dan saat tiba di perlintasan tak berpalang rel kereta api, mereka diduga tidak memperhatikan kondisi arah timur.

Akibatnya, tertabrak Kereta Api Dhoho Loko CC2017707 yang sedang melaju dari arah Surabaya menuju Kertosono.

Ipda Anang Setyanto, Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, membenarkan kejadian ini dan timnya sudah bergerak menuju lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Enam korban meninggal dunia akibat kecelakaan ini telah diidentifikasi, sementara dua korban lainnya dengan luka berat dilarikan ke RSUD Jombang.

“Rombongan ini diperkirakan satu keluarga. Enam orang meninggal dunia, dua luka berat. Saat ini kami melakukan identifikasi korban dan mengumpulkan barang bukti. Kendaraan yang rusak berat kita amankan di Satlantas,” ujar Anang.

“Pengguna jalan dihimbau untuk selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan serupa di masa mendatang,” pungkasnya.

#dtc/bin




 
Top