LAHAT, SUMSEL – Sesuai skedul, Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan (Porprov Sumsel) ke XIV bakal diselenggarakan pada 17 September 2023 mendatang. Tak sampai dua bulan lagi. Namun hingga saat ini, persiapan penyelenggaraan pesta olahraga di Kabupaten Lahat, terasa kurang bergelora. 

Apalagi sejumlah venue cabang olahraga (cabor) yang akan dilagakan, masih dalam tahap pengerjaan.

Pantauan awak media, sejumlah venue masih dalam tahap pengerjaan, seperti venue cabor basket, voli pantai, atletik, renang dan hockey. Sedangkan untuk venue cabor lainnya, seperti biliar, karate dan sejumlah cabor yang berlaga di dalam ruangan, bahkan belum terlihat persiapannya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lahat, Kalsum Barefi mengakui, untuk venue dengan pembangunan ulang, seperti venue cabor basket, voli, yang letaknya di Kelurahan Pagar Agung, Kota Lahat, masih dalam tahap pengerjaan. Ditargetkan, akan selesai di bulan Agustus mendatang.

"Untuk venue basket dan voli, memang sedikit memakan waktu, tapi akan dipastikan selesai sebelum porprov dimulai," terang Barefi, Kamis (20/7/2023).

Venue yang pengerjaannya sudah 90 persen antara lain venue cabor road race, panjat tebing, GOR Bukit Tunjuk Lahat, sepak bola dan sejumlah venue cabor lainnya. Namun Barefi menyebut terkait kesiapan venue saat ini bukan lagi jadi persoalan.

"Venue, bukan persoalan, karena pengerjaannya terus dikejar dan dipastikan selesai di Agustus nanti," katanya.

Barefi membeberkan, diperkirakan ada 41 cabor yang akan dipertandingkan saat porprov nanti. Jumlah itu lebih banyak jika dibandingkan ketika Porprov Sumsel di OKU Raya tahun 2021 lalu, yang hanya mempertandingkan 38 cabor.

"Jika usulan itu tidak diubah, artinya ada tiga cabor baru yang dilagakan di Lahat. Namun ada juga cabor yang sebelumnya dilagakan, tidak ada ketika Porprov Lahat," bebernya.

Sejumlah warga Kota Lahat yang dijumpai awak media juga memberikan penilaian senada bahwa gelora persiapan pesta olahraga di Lahat nyaris tak terasa. Belum begitu terlihat apa saja yang bakal dipersiapkan pemerintah daerah untuk menyukseskan Porprov tersebut. Padahal dengan adanya porprov, dipastikan ribuan warga Sumsel bakal berada di Kabupaten Lahat.

"Baiknya bukan hanya sukses pelaksanaan saja, tapi sukses bagi masyarakat. Seperti jadi wadah bagi UMKM lokal atau tradisional menjualkan produk, atau jadi momen untuk mengenalkan wisata yang ada di Lahat," ungkap mereka senada. 

#dtc/her/ras




 
Top