JAKARTA -- Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 resmi ditutup pada Minggu (16/7/2023) kemarin. Pihak panitia penyenggara melaporkan, pengunjung Jakarta Fair tahun ini mencapai 6,3 juta orang, sementara angka transaksi mencapai Rp7, 3 triliun. 

"Total jumlah pengunjung tahun ini mencapai angka 6,3 juta orang. Sedangkan untuk total nilai transaksi yang tercipta selama gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2023 mencapai Rp 7,3 triliun," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Jakarta Fair, Karuna Murdaya dalam sambutannya di acara penutupan, Minggu (16/7/2023) malam. 

Karuna berterima kasih kepada Pemprov DKI beserta jajaran Forkopimda yang proaktig membantu menjaga keamanan dan ketertiban selama iven berlangsung. Tak lupa, ia sangat berterima kasih atas antusiasme pengunjung Jakarta Fair Kemayoran.

"Dalam kesempatan ini, kembali kami ingin mengucapkan terima kasih kepada: Pemprov DKI Jakarta, PPKK, para peserta pameran, pihak sponsor, para pendukung event, pihak aparat keamanan (TNI dan Polri), Satpol PP, dan Dinas Perhubungan yang sudah membantu kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama event berlangsung, serta kepada seluruh pengunjung Jakarta Fair Kemayoran yang sudah turut meramaikan dan mensukseskan ajang terbesar di kawasan Asia Tenggara ini," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI Jakarta Sri Haryati mewakili Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi kepada PT JIExpo atas keberhasilan menyelenggarakan iven Jakarta Fair 2023.

"Tentunya kami dari Pemprov DKI Jakarta mengucapkan selamat mengapresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh tim PT JIExpo atas keberhasilannya meyelanggarakan Jakarta Fair 2023 yang berlangsung sejak 14 Juni hingga hari ini," ujarnya.

Menurutnya, iven ini tidak hanya menyemarakkan kegiatan perekonomian Indonesia namun mendorong pertumbuhan yang merata di seluruh sektor industri.

"Cara ini tidak hanya menyemarakkan Hari Ulang Tahun Jakarta tapi juga pastinya menggairahkan kembali kegiatan perekonomian Indonesia dan mendorong pertumbuhan yang merata di seluruh sektor industri," ujarnya.

Acara penutupan Jakarta Fair 2023  dimeriahkan pesta kembang api. Pengunjung antusias mendokumentasikan semaraknya kembang api di angkasa. 

Memasuki hari terakhir, Minggu (16/7/2023) kemarin, Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 semakin dibludaki pengunjung. 

Per pukul 18.30 WIB, antrean pengunjung sudah terlihat sejak di pintu masuk Jakarta Fair. Tampak kendaraan di depan JIExpo juga masih ramai berdatangan.

Rata-rata pengunjung datang bergerombol bersama keluarga maupun para kerabat. Seluruh stand Jakarta Fair yang berada di area outdoor maupun indoor tampak dipadati pengunjung yang bahkan rela berdesak-desakan sembari membawa tas belanjaan melintasi jalan yang padat pengunjung. Sementara pengunjung yang lelah tampaknberkeliling duduk di pinggiran toko maupun di tengah jalan.

Stand yang tersedia mulai dari makanan, kecantikan, teknologi hingga otomotif. Tak hanya itu, kawasan panggung utama juga dipadati oleh penonton konser.

Jakarta Fair 2023 ditutup oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono. Sebelumnya, pada Rabu (14/6/2023) lalu, iven tahunan ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) okowi menyebut, perputaran uang dalam ajang sangat besar, dimana pada tahun lalu nilai transaksi pada ajang PRJ mencapai Rp 7,3 triliun.

"Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi Rp 7,3 triliun, sebuah jumlah tidak kecil," ungkap Jokowi kala itu. 

#dtc/bin







 
Top