SENIMAN merupakan sebutan bagi seseorang yang kreatif, inovatif dan mahir di bidang seni. 

Seniman biasanya menciptakan berbagai karya kreatif hasil dari pemikirannya yang panjang dan sarat akan nilai-nilai estetik. 

Dalam menciptakan karya, seorang seniman mengandalkan imajinasi dan bakatnya. 

Karya kreatif seniman umumnya berupa desain grafis, karya sastra, tari, lukis, patung, lakon, musik dan film. 

Selain menciptakan karya, seniman juga menggelarkan karya seninya. Tak heran jika istilah seniman disematkan pula untuk para pelukis, penyanyi, penyair dan lainnya.

Dalam menampilkan karya kreatifnya, seniman dituntut mampu berkolaborasi dengan para pelaku industri kreatif. Akan sangat rugi jika berjalan sendiri-sendiri. Kolaborasi tadi, jika menggeluti seni lukis, bisa bekerja sama dengan desainer atau brand busana untuk mencetak karya kreatif di baju yang mereka keluarkan. 

Kemudian, bagi seniman musik, tari atau film, bisa berkolaborasi atau bekerjasama saling menguntungkan dengan lembaga pemberitaan (mass media), misalnya dengan memanfaatkan ruang iklan/advertorial, sehingga karya kreatif dan unsur-unsur terkait lain di dalamnya lebih dikenal khalayak luas. 

Kalau sudah berpromosi di mass media, biasanya seniman berikut karya-karya kreatifnya akan lebih bernilai jual. Popularitas bakal terdongkrak dengan sendirinya, menyusul peluang banjir job dari segala penjuru. 

So, seniman yang masuk fase ini musti siap-siap pula punya banyak fans. Ketika cuan lancar mengalir, saatnya pula berbenah dalam hal managerial. Agar lebih profesional tentu akan lebih baik menggunakan jasa seorang manajer serta elemen-elemen pendukung lainnya dalam tim. 

Kemudian, bagi seniman desain grafis bisa bergabung dalam proyek album milik seorang penyanyi dan ambil bagian dalam membuat desain cover album. Bisa juga terlibat dalam dunia pendidikan seperti membuat sketsa untuk buku-buku pelajaran, dan masih banyak lagi. Nah,  keren kan menjadi seniman itu?

#red






 
Top