JAKARTA -- Provinsi Riau mengajukan diri menjadi tuan rumah peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan digelar 9 September 2022 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali setelah menerima Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar dan jajarannya di Kantor pusat Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), kemarin.

Menurut Menpora, sudah ada beberapa provinsi yang mengusulkan untuk menjadi tuan rumah Haornas tersebut. Dengan demikian pihaknya akan mempertimbangkan dan akan melihat mana yang paling memungkinkan. 

"Tapi saya tentu mengapresiasi dari apa yang sudah disampaikan pak Gubernur ada keinginan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Haornas," ujarnya.

Sementara itu Gubri H. Syamsuar mengungkapkan pihaknya siap menjadi tuan rumah Haornas ke-39. Ia pun berharap keinginan itu dapat didukung dan disetujui Presiden Joko Widodo. 

Selain itu, Syamsuar mendukung lahirnya DBON atau Desain Besar Olahraga Nasional sebagai pedoman pembinaan atlet. Dia pun berharap agar cabang olahraga dayung masuk di dalam DBON. Pasalnya, banyak atlet Riau berprestasi di tingkat internasional dari cabang olahraga dayung. 

"Atlet dayung kita dari Riau sudah menjadi atlet nasional yang selalu pada event pertandingan di internasional mereka mendapatkan medali emas. Karena itu kami dari Provinsi Riau mengusulkan kiranya olahraga dayung ini termasuk DBON," harapnya. 

#wek/bps





 
Top