SIJUNJUNG, SUMBAR -- Bus Antar Lintas Sumatera (ALS) nopol BK 7815 LC dari Medan Sumatera Utara (Sumut) tujuan Semarang Jawa Tengah (Jateng) terbakar di jalan lintas Sumatera (jalinsum) Nagari Tanjung Lolo, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (13/5/2022) pagi sekira pukul 08.40 WIB. 

Bus naas yang dikemudikan Muhamad Iqbal Lubis (52) tersebut bermuatan 46 orang penumpang berikut dua awak bus lainnya, yaitu Pulungan selaku supir 2 dan Anas Muda Harahap selaku kondektur. 

Mujur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun selain bus yang ludes terbakar, kerugian materil juga berupa barang bawaan penumpang yang tak dapat diselamatkan karena begitu cepatnya api menyebar.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polres Sijunjung AKP Nasrul, mengatakan, 46 penumpang dan 3 awak bus ALS yang terbakar dipastikan selamat. Menurutnya, hal itu karena kebakaran cepat diketahui oleh pengemudi dan segera memerintahkan penumpang untuk turun.

"Pengemudi langsung menepikan bus dan memberitahukan kepada seluruh penumpang supaya segera turun. Penumpang dievakuasi dengan mobil patroli Polsek Tanjung Gadang dan Polsek Kamang Baru ke rumah makan perwakilan bus ALS, Ampera Kita di Sialang Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya," paparnya. 

Terkait asal api, AKP Nasrul menyatakan, dugaan awal api berasal dari mesin mobil yang ada di bagian belakang.

"Api berasal dari kap mesin belakang dan langsung meledak. Pengemudi melihat gumpalan asap masuk ke dalam bus. Kemudian segera menepikan mobil dan memerintahkan penumpang untuk turun," pungkasnya.

#rel/oel






 
Top