JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) DPP PPP Suharso Monoarfa mengingatkan kepada anak muda untuk memiliki mental sebagai pemenang. Mental tersebut penting dimiliki untuk menjawab berbagai tantangan di masa mendatang.

"Masa depan itu miliknya pemenang, bukan miliknya pecundang, siapa pun dia, pada kelas seperti apa, pada kapasitas seperti apa," kata Suharso dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Hal ini disampaikan Suharso Monoarfa pada acara Forum Discussion Group (FGD) bertajuk 'Muda Bicara Pembangunan' yang digelar oleh Muda Pemersatu Indonesia (MPI) di Jakarta. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas ini menuturkan, dengan memiliki mental pemenang maka anak muda mampu mempersiapkan segala sesuatu seperti knowledge atau pengetahuan secara matang.

"Satu hal yang penting, anxiety (kecemasan) domain itu wilayah yang harus diperkecil dari sekian banyak yang luas, dan cara untuk memperkecilnya adalah dengan knowledge dan peta sasaran," katanya.

Pengetahuan yang dimiliki harus relevan dengan kondisi saat ini agar apa yang ditargetkan mampu tercapai. "Knowledge yang relevan dan dibutuhkan untuk kemenangan. So, be a smart generation for the next Indonesia (Jadi, jadilah generasi yang cerdas untuk masa depan Indonesia)," katanya.

Sebagai  ntoh, anak muda tidak boleh tertinggal dengan kemajuan teknologi. Bahkan, menurutnya, anak muda harus memaksimalkan kemajuan teknologi yang sudah berkembang di masa sekarang.

"Perkembangan teknologi itu terus berkembang, kita jangan lengah, kita jangan hanya menjadi konsumen atas device ini dan kita harus memaksimalkan aset yang ada," katanya.

(abd/bin)





 
Top